RAYA-Pembalap asal Yogyakarta berusia 17 tahun, Aldi Satya Mahendra menunjukkan talenta dan potensinya dalam seri pertama balap dunia WorldSSP300 di sirkuit Catalunya Spanyol (23-24 Maret) yang memiliki panjang 4,657 km dan 14 tikungan.

Pejuang “Semakin Di Depan” itu berhasil merenggut podium ke-2 dalam race awal yang berlangsung 12 lap. Aldi Satya Mahendra mencoba untuk bermain dengan tenang dan penuh kesabaran di lap-lap awal hingga pertengahan untuk menjaga temperatur mesin ataupun traksi ban.

Saat tersisa 2 lap, rider tim BrCorse bertarung all out untuk dapat meraih podium. Pada akhirnya, perbedaan waktunya relatif tipis hanya 0,040 detik saja dengan peraih podium pertama.

Sebagai rookie atau pendatang baru WorldSSP300, bLU cRU Pro Racer binaan Racing Indonesia (YRI) itu dapat cepat menemukan set-up pacuannya Yamaha YZF-R3 ataupun beradaptasi dan mengikuti ritme balapan dari pesaing para racer senior.

Kemudian pada race ke-2, Aldi Satya Mahendra sempat memimpin jalannya balapan, namun pada akhirnya harus puas finish ke-7. Persaingan memang sangat ketat sejak lap awal hingga bendera finish dikibarkan.

Dari hasil akhir penghitungan poin dalam 2 race yang dihadirkan di WorldSSP300 Catalunya, Aldi Satya Mahendra sukses memimpin standing point WorldSSP300 dengan total point sebanyak 29 poin.

Klasemen sementara ini menjadi modal penting bagi Aldi Satya Mahendra dalam membangun motivasi kuat untuk putaran-putaran selanjutnya.

“Ini adalah pengalaman yang sangat bagi saya, tahun pertama di kejuaraan WorldSSP300, bisa mendapatkan hasil yang cukup baik, konsisten mendapatkan poin. Pada race 1 dan race 2 berjalan sangat ketat bahkan hingga lap-lap terakhir. Saya juga sempat memimpin beberapa laps sepanjang balapan berlangsung dan Alhamdulillah pada race 1 saya mendapatkan podium 2 namun pada race 2 saya harus puas berada di posisi 7. Terima kasih kepada Yamaha Indonesia dan sponsor yang telah support saya. Yamaha Time To The Max, Yamaha Semakin Di Depan Full Gaspoll,” ucap Aldi Satya Mahendra.

Lalu terkait format race dalam WorldSSP300 tahun ini mengalami perubahan. Format baru WorldSSP300 adalah sesi free practice selama 28 menit yang digunakan untuk menemukan set-up pada .

Kemudian dilanjutkan dengan superpole sebagai penentuan starting grid. Sebelum dilakukan race 1 ataupun race 2 dilakukan warm-up masing-masing selama 14 menit.

Adapun seri lanjutan WorldSSP300 akan dilangsungkan di sirkuit Assen Belanda, 19-21 April. Mohon dukungan doa masyarakat Indonesia agar Aldi Satya Mahendra dapat konsisten meraih signifikan.*/HJ