RAYA-Dalam rangka menyelaraskan program kerja Pendidikan Agama Islam (PAI), Bidang Pendidikan dan Keagamaan Islam (Pakis) Kanwil Sulteng bersama Kakankemenag didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kota melaksanakan Rapat Koordinasi Program Bidang Pendidikan Agama Islam, bertempat di Aula Kantor Kemenag Kota Palu. Selasa, (2/4/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu, Ahmad Hasni. Dalam sambutannya mengungkapkan selamat dan sukses melaksanakan Rapat Koordinasi Bidang Pendidikan dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Palu.

“Selamat datang dan sukses melaksanakan Rakor Bidang PAKIS untuk saudara kami dari Kanwil Kemenag Provinsi Sulteng dan juga dari Kemenag Kota Palu, semoga dengan kegiatan ini dapat menambah semangat kerja dan energi positif sehingga tercapai tujuan yang diharapkan,” ujar Ahmad Hasni.

Sebelumnya Kepala Bidang Pendidikan dan Keagamaan Islam (PAKIS), Nurlaeli dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan diadakan kegiatan rakor ini adalah untuk menyelaraskan Program Kerja Bidang PAKIS Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah dengan program kerja di masing-masing Kemenag Kabupaten/Kota, sehingga melalui kegiatan ini nantinya mampu menyatukan visi dan misi serta menyelesaikan berbagai macam permasalahan terkait dengan pendidikan dan keagamaan Islam yang ada.

“Rapat Kordinasi ini menjadi wahana untuk memperkuat silaturrahmi dan juga menyelaraskan program kerja antara Kanwil dan Kemenag Kabupaten/Kota lingkup Provinsi Sulawesi Tengah, yang nantinya berbagai macam program akan kita arahkan dan dukung sehingga tujuan dan niat kita bersama untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi Guru-Guru PAI yang ada, khususnya di Kota Palu,” ujar Nurlaili.

Nurlaili meminta Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Palu dan operator untuk mengecek kembali dengan baik data di siaga, serta data guru PPG baik PNS dan Non PNS yang sudah selesai dan belum selesai agar ketersediaan yang telah dianggarkan untuk tahun 2024 dapat direncanakan untuk tahun 2025.

“Melalui giat ini Bidang PAKISI lakukan Sinkronisasi, validasi dan data terkait tugas pokok Bidang Pendidikan & Keagamaan Islam diantaranya perihal evaluasi Tunjangan Profesi Guru (TPG), orientasi PPG, dan penguatan serta rencana program yang akan datang”, ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan rakor ini, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kementerian Agama Kota Palu, Irsan, Pengawas PAI Kementerian Agama Kota Palu, ASN JFT, JFU Bidang PAKIS, pimpinan Podok Pesantren, dan Guru-Guru PAI se Kota Palu sebagai peserta kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan oleh Bidang PAKIS Kantor Wilayah Kemenag Sulteng.*ENG