RAYA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah (KPw Sulteng) berkolaborasi dengan FFF byFery (desainer lokal Sulawesi Tengah) memperkenalkan kreasi tenun Sulteng kepada dunia melalui pagelaran fashion show Indonesia Fashion Week (IFW) 2024. Kegiatan IFW 2024  berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) mulai dari 27 hingga 31 Maret 2024.

Pekan mode ini turut menampilkan sekira 300 perancang busana, 18 slot pegelaran busana dan 400 booth fashion. IFW 2024 menjadi panggung bagi para desainer dan peserta pemeran untuk memperkenalkan karya terkait fashion dengan mengangkat keberagaman dan kreativitas khas tiap daerah di Indonesia.

Keikutsertaan dalam IFW 2024 menjadi event strategis dan wadah penting bagi industry mode Indonesia untuk terus berkembang dan bersaing secara global, dengan kehadiran para desainer, produsen, buyer, media mode, influencer dan penggemar mode dari dalam dan luar Negeri.

“KPw tentunya memanfaatkan kesempatan baik dalam event tahunan ini, dengan turut serta menjadi peserta kegiatan. Kami berkolaborasi bersama FFF byFery memperkenalkan karya kreasi tenun Sulawesi Tengah dengan tema fashion ASMARA,” jelas  Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah, Rony Hartawan melalui keterangan tertulisnya, Senin (1/4/2024).

Menurut Rony Hartawan, Tema ASMARA diangkat sebagai bentuk cinta dan dedikasi KPw BI Sulteng dan FFF byFery sebagai putera daerah untuk mengangkat eksotisme tenun Sulawesi Tengah agar dapat semakin dikenal masyarakat luas, baik Nasional maupun Mancanegara.

“Tema ASMARA menjadi kata kiasan “rasa kasmaran dengan seseorang” dan diharapkan setiap pengunjung IFW dapat merasakan asmara dan kasmaran pada kreasi tenun Sulawesi Tengah,”jelas Rony Hartawan.

Kepala KPw BI Sulteng, Rony Hartawan hadir secara langsung pada pelaksanaan fashion show (28/3/2024) tersebut dengan menggunakan fashion kreasi tenun karya FFF byFery. Kehadiran Pemimpin KPw BI Sulteng merupakan penegasan dukungan Bank Indonesia dalam mendorong upaya pelestarian dan pengembangan industri wastra di Sulteng.

Selain sebagai platform bagi para desainer untuk memperkenalkan koleksi terbaru kepada publik dan potensial buyer, KPw BI Sulteng menjadikan keikutsertaan pada IFW 2024 sebagai upaya menciptakan peluang bisnis bagi pelaku usaha ekonomi kreatif wastra Sulawesi Tengah dalam bentuk perluasan jejaring dan kerjasama antar pelaku maupun untuk meningkatkan ekspansi dan penjualan produk pendukung pariwisata.

“Keikutsertaan KPw BI Sulteng pada IFW 2024 juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan road to Karya Kreatif Sulawesi Tengah dan menjadi bagian Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBBI-BBWI) Sulawesi Tengah 2024 yang akan dilaksanakan pada Sulteng Expo 2024 pada tanggal 25 – 28 April 2025 mendatang di Sirkuit Panggona, ,” jelas Rony Hartawan. *WAN