RAYA – Sebagai bentuk rasa berbagi kepada sesama di bulan Ramadhan, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sulawesi Tengah bersama Lions Club (LC) Maleo dan LC Palu Millenial membagikan paket kepada 130 petugas kebersihan di .

Paket sembako diserahkan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Moh. Arif Lamakarate disaksikan para petugas kebersihan di kantor DLH di Jalan Kakatua, Kamis (28/3/2024). Hadir pula Presiden LC Palu Maleo, Dolof Tirayo dan Presiden LC Palu Millenial, Patra.

Ketua INTI Sulteng, Rudy Wijaya sebelumnya mengatakan, semua orang bisa berbuat baik kepada sesamanya, namun kadang tidak punya waktu untuk mewujudkannya.

“Kebetulan kami punya waktu dan menjadi perhatian kami adalah petugas kebersihan di Kota Palu,” katanya.

Ia menjelaskan, petugas kebersihan di Palu punya andil besar dalam menangani sampah di kota. Tugas mereka sehari-hari adalah suatu pengabdian yang besar dalam penanganan masalah kebersihan kota. Jasa mereka patut untuk dihargai.  

“Momentum ini kita harapkan dapat memperkuat kebersamaan dengan masyarakat lainnya,” kata Rudy Wijaya.

Dijelaskannya, pemberian sembako yang dilakukan kali ini dalam bulan sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri.

“Kita memberikan sembako kepada petugas-petugas kebersihan yang selalu membersihkan kota. Dan Lions Club merupakan sebuah organisasi yang mengedepankan pengabdian kepada masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu,” kata pula Presiden LC Palu Maleo, Dolof Tirayo lalu menambahkan, Lions Club ingin memberikan kebahagiaan bagi sesama yang membutuhkan.

Kadis DLH Kota Palu, Moh. Arif mengucapkan terima kasih atas perhatian tiga komunitas itu. Menurutnya, sebenarnya jumlah keseluruhan petugas sampah di Palu sebanyak 200 orang lebih. Kebetulan yang hadir sesuai dengan banyaknya paket yang diserahkan 130 orang.

Ia berharap hendaknya kebersamaan INTI dan Lions Club dengan petugas kebrsihan tidak sebatas kali ini saja, tetapi bisa dilakukan secara berkesinambungan.

Mendengar hal itu, Rudy Wijaya langsung mengatakan, pihaknya siap untuk menambah kekurangannya.

“Satu dua hari ini kami serahkan kekurangannya, tolong kami diberikan datanya,” katanya.

Seorang sopir pengangkut sampah, Pasti Aman juga mengucapkan terimah kasih atas bantuan yang diberikan. Sopir pengangkut sampah tahun 2024 itu merasa bahagia ada pihak lain yang memperhatikan mereka. */RHT