RAYA – Setelah tiga pekan lamanya melaksanakan pengabdian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II , akhirnya 80 Profesi Ners Stase Keperawatan Jiwa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Palu resmi menggelar acara perpisahan, Sabtu (2/3/2024) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala , Revanda Bangun, Kepala Seksi Pembinaan, Ida Bagus, Kepala Subseksi Perawatan, John Adrianto, Sekretaris Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palu, LindaNur Sipatu bersama jajaran, serta para pamong yang bertempat di aula terbuka hunian anak binaan.

Dalam sambutannya, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun menyampaikan bahwa selama mahasiswa melaksanakan pengabdian pihaknya sangat terbantukan khususnya pada pemenuhan layanan kesehatan baik itu dalam pemenuhan gizi, pemberian bimbingan konseling dan perawatan kepada anak binaan.

Bukan hanya itu, para mahasiswa juga turut serta berperan aktif dalam penguatan -edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat, stop bullying, stop kekerasan sejak dini, bahaya narkoba dan peningkatan mental kesehatan bagi seluruh anak binaan.

“Hari ini tepat 3 minggu para mahasiswa melaksanakan pengadian di Kami ucapkan terima kasih atas kontribusi yang diberikan, tentu banyak manfaat yang kami terima terutama dalam pemenuhan kesehatan bagi seluruh anak binaan,” jelas Revanda.

Ia juga menegaskan, hal ini tidak berhenti sampai disini, melalui perjanjian yang telah disepakati bersama LPKA Palu dan Poltekkes Kemenkes Palu akan terus berkolaborasi dalam pemenuhan layanan pada bidang kesehatan serta implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. “Saya berharap komunikasi dapat terus tejalin, jaga kebersamaan ini, mari kita mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas,” tambahnya.

Sementara, mewakili Poltekkes Kemenkes, LindaNur Sipatu menuturkan rasa terima kasih yang mendalam atas segala dukungan, pendampingan, arahan yang diberikan kepada seluruh mahasiswanya selama melaksanakan pengabdian di LPKA Palu.

“Kami segenap keluarga besar Poltekkes Kemenkes Palu mengucapkan rasa terima kasih banyak kepada bapak Kepala LPKA Palu beserta segenap jajarannya. Jujur ini merupakan tahun pertama para mahasiswa melaksanakan pengabdian di LPKA Palu, semoga kedepannya akan terus berlanjut dan memberikan dukungan penuh dalam masa tumbuh kembang bagi setiap anak binaan,” tutur LindaNur.

Tidak berhenti sampai disitu, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian pesan kesan oleh perwakilan mahasiswa dan pamong serta dilanjutkan dengan penyerahan piagam kepada para mahasiswa .

Diketahui, LPKA Palu merupakan Unit Pelaksanaan Teknis di bawah naungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah (Kanwil ) yang dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah (Kaknwil), Hermansyah Siregar akan terus berupaya memberikan wujud nyata serta dukungan penuh dalam menciptakan generasi bangsa yang cerdas dan berahlak guna pemajuan daerah dan bangsa ini.

Melalui kegiatan ini, LPKA Palu kembali memperkokoh diri sebagai UPT yang sigap dalam keterbukaan publik serta menjadi UPT yang mengimplementasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Sulawesi Tengah.*/YAT