SULTENG RAYA – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 secara umum berlangsung dengan baik, lancar dan damai. Seluruh rakyat Indonesia telah menyalurkan hak pilihnya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota pada 14 Februari 2024 yang lalu. 

Adapun hasil Pemilu juga telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum () pada Tanggal 20 Maret 2024 kemarin, dimana pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka  ditetapkan sebagai pemenang. Pilpres juga ditetapkan berlangsung satu putaran saja.

Pelaksanaan Pemilu yang berjalan sukses, ditanggapi positif oleh  Pengurus GP. Ansor Kabupaten Parigi Moutong, Hartono, SH, MH. Menurutnya, dengan berakhirnya Pemilu, saatnya rakyat kembali untuk fokus bekerja membangun negeri sesuai profesi masing-masing.  

“Mari kita berinovasi membangun negeri. Mari bersama-sama kita tanggalkan seluruh perbedaan serta memikirkan langkah-langkah untuk membangun Indonesia sesuai dengan profesi kita dan keilmuan masing-masing,”jelas Hartono, Kamis (21/3/2024).

Menurut Hartono, masyarakat dan elit politik harus membangun rekonsiliasi demi persatuan bangsa. Karena, kata dia, tidak ada pembangunan tanpa persatuan. Dalam sistem demokrasi, perbedaan pilihan merupakan hal yang lumrah. Tetapi, pascapemilu harus saling mendukung untuk kemajuan bangsa dan Negara.

Kalaupun ada pihak yang belum puas, banyak cara konstitusional yang bisa ditempuh. Misalnya melakukan pengaduan ke , Kepolisian dan Kejaksaan, serta melaporkan ke pihak berwenang lainnya seperti Mahkamah Konstitusi.

“Mari kita jaga persatuan Pascapemilu dan jangan ada keterbelahan di masyarakat. Saatnya bergandengan tangan mendukung pembangunan demi kesejahteraan bersama,”imbau Hartono. *WAN