RAYA – Di hari kesembilan bulan suci , Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tolitoli menyambut tim Provinsi Sulawesi Tengah di kediaman rumah jabatan Bupati Tolitoli, Rabu (20/3/2024).

Tim safari Ramadhan Provinsi Sulawesi Tengah terbagi tiga tim, tim satu bertempat di Agung Al-Mubarak yang didampingi langsung oleh Bupati Tolitoli Hi. Amran Hi. Yahya, tim dua bertempat di Masjid Babussalam di Nopi yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Moh. Asrul Bantilan dan tim tiga bertempat di Masjid Mujahidin yang didampingi oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan.

Dalam sambutan Bupati Tolitoli, Hi. Amran Hi Yahya mengatakan, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tolitoli  mengucapkan selamat datang di kota cengkeh Tolitoli semoga dengan kehadiran tim safari Ramadan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Insya Allah ini akan menjadi motivasi yang luar biasa bagi kami untuk terus berbenah dan berkarya demi kemajuan Kabupaten Tolitoli. Safari Ramadan ini, salah satu jalan guna meningkatkan silaturahmi antar sesama umat muslim.

“tujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah laksanakan Safari Ramadan ini, selain bisa berkomunikasi bersilaturahmi dengan para pimpinan baik tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten juga bertujuan untuk bersilaturahmi dengan seluruh masyarakat di wilayah masing-masing dengan seluruh jamaah,” kata Bupati Hi. Amran Hi. Yahya. 

Bupati juga menambahkan, sebelum kami dikunjungi Tim Safari Ramadan Provinsi Sulawesi Tengah, kami juga Pemerintah Kabupaten Tolitoli baru juga menyelesaikan Safari Ramadan tingkat Kecamatan di wilayah Kabupaten Tolitoli. Selama kurun waktu tiga hari mulai dari 14-16 Maret 2024.

“Secara umum diinformasikan kepada seluruh masyarakat maupun jemaah bahwa baru satu bulan yang lalu kita melaksanakan pesta demokrasi yaitu pelaksanaan pemilihan presiden, wakil presiden serta pemilihan legislatif di seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli yang  berjalan aman, damai dan lancar mari kita lupakan perbedaan-perbedaan, mari kita bersama-sama lagi bersatu padu merapatkan barisan untuk sama-sama bagaimana menjaga kepedulian meningkatkan kebersamaan dan semangat gotong-royong,” tuturnya.

Sementara di tempat yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah diwakili Kepala Biro Kesra Drs. H. Awaludin menyampaikan, permohonan maaf Gubernur H. Rusdy Mastura dan Wagub Ma'mun Amir yang sedianya akan menghadiri kegiatan Safari Ramadan, berhubung Gubernur bersama Wagub sedang mempersiapkan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Ir.H.Joko Widodo dalam rangka meresmikan proyek pembangunan KSOP Teluk , yang terdiri dari tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Gonenggati.

“Kita Doakan pada acara-acara Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan kedepan Bapak Gubernur dan Bapak Wagub bisa mengikuti kegiatan dimaksud, sehingga Beliau menyampaikan salam hangat untuk seluruh lapisan masyarakat Tolitoli dan dirinya ditugaskan untuk mewakili Bapak Gubernur H. Rusdy Mastura sekaligus mengucapkan terima kasih dan kepada Pemerintah Kabupaten Tolitoli dan segenap pengurus masjid, atas penyambutan yang diberikan kepada rombongan tim Safari Ramadan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah,” jelasnya.

Selanjutnya kata dia, Gubernur H. Rusdy Mastura berpesan dan sekaligus mengajak umat Islam untuk mengoptimalkan bulan Ramadan ini sebagai bulan introspeksi diri dan sekaligus bulan sosial untuk berbagi kebersamaan dan meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dalam membangun Sulawesi Tengah yang lebih Sejahtera dan Maju.

“Kegiatan Safari Ramadan juga menjadi sarana informatif, untuk penyebarluasan pesan-pesan pembangunan yang diselipkan dalam ceramah agama singkat oleh para da'i tim Safari Ramadan Provinsi, ditambah lagi dengan adanya kegiatan ini, juga menjadi wadah untuk menghimpun berbagai aspirasi masyarakat untuk dijadikan bahan penting dalam menyusun program kebijakan pembangunan,” lanjutnya.

Selain itu, Kepala Biro Awaludin juga menyampaikan bahwa menjelang Ulang Tahun ke-60 Provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 13 April 2024 nanti, progress pembangunan Sulawesi Tengah di bawah kepemimpinan Gubernur H. Rusdy Mastura bersama Wagub Ma'mun Amir selama 2,5 tahun membangun Negeri Seribu Megalit terus menunjukkan positif, diantaranya penurunan ekstrem dari 3,02 persen pada tahun 2022 menjadi 1,44 persen pada tahun 2023, penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka dari 3,75 persen tahun 2022 menjadi 2,95 persen tahun 2023, sehingga Sulawesi Tengah masuk ke dalam lima besar daerah di Indonesia dengan Tingkat Pengangguran Terbuka terendah, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 tahun 2022 menjadi 71,66 tahun 2023, Pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06 persen, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5 persen, serta Realisasi tertinggi nomor 3 secara nasional, yang diikuti dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan, dari Rp900 Miliar menjadi Rp2 Triliun pada tahun 2023. “Lompatan-lompatan tersebut di atas bisa diraih berkat kerjasama/dukungan semua stakeholder, termasuk Pemerintah Kabupaten Tolitoli,” sebutnya. 

Dengan ikhtiar menuju Sulawesi Tengah yang lebih Sejahtera dan Maju, Gubernur H. Rusdy Mastura melalui Karo Kesra mengajak seluruh lapisan masyarakat Tolitoli untuk terus berkolaborasi dan bersinergi membangun daerah. 

Usai memberikan sambutan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyerahkan sejumlah bingkisan kepada imam dan takmir Masjid.TAM