SULTENG RAYA — Bersyukur atas positif di awal 2024, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyerahkan Rp222,7 miliar perusahaan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara pada Ramadhan tahun ini.

Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Hery Gunardi mengatakan, bulan suci Ramadhan menjadi momentum yang baik bagi BSI untuk menunjukkan rasa syukur atas berbagai capaian positif.

Sebagaimana diketahui, performa impresif BSI mampu menjadikan perseroan masuk ke jajaran Top 10 Global Islamic Bank dari sisi kapitalisasi pasar. Harga BSI yang bersandi , melesat sehingga mendorong market cap perseroan menembus Rp131,47 triliun.

Raihan tersebut lebih cepat dari target perseroan mencapai Top 10 Global Islamic Bank berdasarkan market capitalization/market cap pada 2025.

Selain penyerahan zakat, pada Ramadhan 1445 H ini, BSI juga akan memberikan santunan kepada 3.333 Anak Yatim di berbagai wilayah Indonesia. Jumlah tersebut merupakan simbolisasi dari usia BSI yg pada bulan Februari lalu, merayakan miladnya yang ketiga.

“Kami berharap santuan tersebut bisa membantu memberikan kebahagiaan bagi anak-anak yatim di Ramadhan ini. Santunan tersebut juga merupakan salah satu rangkaian kegiatan BSI selama 1445 Hijriah dengan tema Level Up Ramadhan bersama BSI,” kata Hery Gunardi. 

Penyerahan santunan Anak yatim yang akan dilakukan pada 19 Maret 2024 itu, sebanyak 1.500 anak yatim akan diundang hadir di Assembly Hall Jakarta Confension Center, Jakarta. Sementara 1.833 anak yatim lainnya akan diundang oleh masing-masing Kantor Regional BSI di seluruh Indonesia.

Hery berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak positif dan kemanfaatan pada seluruh umat, sesuai dengan semangat BSI untuk menjadi Sahabat Finansial, Sosial, dan Spiritual.

Kinerja Positif

Sepanjang 2023 BSI membukukan kinerja positif dan membukukan bersih sebesar Rp5,7 triliun, tumbuh 33,88 persen secara tahunan (yoy).

Dalam usia 3 tahun, BSI telah menjadi market leader dalam industri keuangan syariah di Indonesia, baik dari sisi jaringan, customer based, maupun kemampuan permodalan.

Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat dan kinerja impresif BSI, jumlah zakat yang dibayarkan perusahaan pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2021, zakat perusahaan yang disalurkan oleh BSI mencapai Rp123,2 miliar, kemudian meningkat menjadi Rp173,1 miliar pada 2022, dan Rp222,7 miliar pada 2023.

Hery melanjutkan, dari total zakat tahun 2023 yang disalurkan, Rp189,7 miliar merupakan zakat dari laba perusahaan dan Rp33 miliar adalah zakat pegawai. Dengan angka tersebut, BSI kembali menjadi perusahaan dengan volume zakat terbesar di Indonesia.

Adapun zakat BSI yang diserahkan melalui BAZNAS pada tahun lalu, telah disalurkan ke sejumlah program dengan penerima manfaat sebanyak 33.269 orang. Program penyaluran zakat BSI terbagi ke dalam beberapa bidang kegiatan. Salah satunya, bidang pendidikan dengan program seperti BSI Scholarship, Sahabat Pelajar Indonesia (SPI), dan Beasiswa Tahfidz.

Rangkaian Ramadan BSI

Sementara itu, Direktur Manajemen Risiko yang juga bertindak sebagai Ketua Kegiatan Ramadhan BSI, Grandhis Helmi Harumansyah mengemukakan bahwa, pada Ramadhan 1445 H, BSI juga membuat Roadshow Gema Ramadan BSI di sejumlah di beberapa kota di Indonesia. Masjid yang menjadi lokasi roadshow tersebut antara lain Masjid Sunda Kelapa di Jakarta Pusat, Masjid Darussalam Cibubur, Masjid Al Jabbar Bandung, Masjid Al Falah Surabaya dan Masjid-masjid lain di wilayah Jawa Tengah.

Selain itu, BSI juga dilakukan kegiatan Tarhib Ramadhan di 5 masjid di Banda Aceh, Medan, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin.

Selama Gema Ramadan berlangsung, masyarakat bisa menikmati layanan produk2 BSI sekaligus dapat mengikuti aneka lomba (tausiyah, tahfidz, adzan dan murattal). Juga terdapat Bazaar dengan penawaran istimewa menggunakan QRIS BSI, lifestyle syariah, hiburan, berbagi takjil, tausiyah dan talkshow serta tebus sembako murah.

Masyarakat diharapkan bisa merasakan syahdunya beribadah Ramadan di masjid sekaligus mengikuti rangkaian Gema Ramadan persembahan Bank Syariah Indonesia.

BSI bersama BSI Maslahat juga menggelar beberapa program layanan ZISWAF dengan tajuk Level Up Ramadan 1445 H seperti layanan penyaluran zakat mal dan zakat fitrah, penyaluran infaq dalam berntuk layanan fidyah, berbagi buka puasa dan sahur, berbagi sembako dhuafa, kado spesial yatim dhuafa, sedekah Qur'an untuk orang tua dan Ramadhan Peduli Palestina.

Kemudian ada wakaf produktif sebagai penguatan perekonomian berbasis pengembangan bisnis UMKM/klinik kesehatan.

“Menjelang Idul Fitri, kami juga berencana menggelar Bersama BUMN bagi para penyandang disabilitas serta pegawai dasar yang akan dilaksanakan pada akhir Ramadhan dengan moda transportasi bus yang bekerja sama dengan DAMRI sebagai bentuk sinergi bersama BUMN,” tutur Grandhis. RHT