RAYA- Setelah ditunjuk sebagai salah satu Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), SMPN 9 kini tidak saja mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada, melainkan juga memperindah lingkungan sekolah dengan membuat mural di sejumlah dinding gedung sekolah.

Pembuatan mural melibatkan langsung peserta didik yang ada di sekolah itu, mural tidak hanya menggambarkan tentang kependudukan melainkan juga tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Kepala SMPN 9 Palu, Dra. Harlina, M.Si mengatakan sebagai SSK maka pihak sekolah selalu berupaya memberikan kemudahan atau akses terhadap anak didik untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan khusus bidang kependudukan dan keluarga berencana, pendidikan, kesehatan dan ekonomi kreatif serta program sektor lainya.

Diantaranya adalah melatih jiwa kreatifitas seni dalam membuat mural, pembuatan media kompos, pembuatan poster media tumler, pembuatan poster media gambar, pembuatan poster media tote bag, pembuatan video dengan tema stop bullying di lingkungan sekolah, sampai pada daur ulang sampah.

Tujuan program SSK ini sendiri sebutnya, selain memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing peserta didik, juga menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan. Lebih dari itu mengembangkan sikap yang tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan kelak ketika mereka menjadi dewasa.

Mengingat latar belakang pembentukan SSK ini tidak lepas dari upaya pemerintah dalam mensikapi akan datangnya era Bonus Demografi di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2035 mendatang. Pada era itu, jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) proporsinya lebih dari 50 persen dibandingkan dengan kelompok usia non produktif (0-14 tahun dan  65 tahun).

Sehingga saat ini harus disiapkan generasi yang berkualitas, agar tenaga kerja yang melimpah pada saat ini mampu membawa berkah bukan malah menjadi bencana.

“Untuk itu sekolah dituntut mempersiapkan generasi yang berkualitas itu, dan kami SMPN 9 Palu mengambil bagian dari sekolah itu melalui Program SSK,”sebut kepsek, Kamis (14/3/2024).  ENG