RAYA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara () memastikan BUMN akan kembali menggelar program pada tahun ini.

Bertajuk “ bersama BUMN 2024”, program itu menjadi upaya BUMN memberi kemudahan dan membantu masyarakat untuk pulang ke kampung halaman dengan nyaman dan aman.

Asisten Deputi (Asdep) Bidang dan Lingkungan () Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan, kegiatan Mudik Bersama BUMN 2024 diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan mudik yang lancar, aman dan nyaman

“Untuk pelaksanaan program sendiri, tentu sebagai sebagai bentuk TJSL, kita dorong pelaksanaan mudik ini dengan memperhatikan prinsip-prinsip GCG dan terintegrasi, terarah, terukur dan akuntabel,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Tahun ini pemerintah menargetkan program mudik bersama ini setidaknya mengangkut 80.000 pemudik, yang terdiri dari moda bus kurang lebih 55.000, kereta api 18.000 dan kapal laut 5.600 penumpang.

Untuk itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau sebagai BUMN yang senantiasa berupaya memberikan disamping , turut mengakomodasi masyarakat, khususnya nasabah BRI untuk ikut dalam program Mudik Asyik bersama BUMN 2024.

Terkait hal ini, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengungkapkan, perseroan akan terus mendukung upaya pemerintah dalam memberikan fasilitas mudik yang aman bagi masyarakat.

“Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami menghadirkan value lebih bagi seluruh masyarakat termasuk nasabah kami,” ujarnya.

Perlu diketahui, pada momen Lebaran 2023 lalu, Mudik Gratis BUMN dibuka untuk 65.603 orang yang mendaftar. Ini dibagi kepada 4 jenis moda transportasi. Tahun lalu, ada 76 BUMN dan anak usaha yang ikut serta.

Rinciannya, 46.523 penumpang pada 1.009 bus, 15.658 penumpang melalui 30 rangkaian kereta api, dan 2.562 penumpang dengan tujuh kapal laut.

“Ini bagian dari BUMN untuk hadir dalam membantu masyarakat yang ingin mudik dan berkumpul bersama keluarga tercinta di hari yang istimewa,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir, Rabu (14/3/2023) lalu. RHT