RAYA-Sebanyak 447 Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan mengikuti Yudisium Periode XIII PPG FKIP Tahun Akademik 2023/2024, dilaksanakan di Convention Hall Swiss-Belhotel, Selasa (20/02/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Senat Universitas Tadulako, Rektor , Kepala BPNP Sulawesi Tengah, Pimpinan dan para Civitas Akademika FKIP Untad.

Ketua Panitia Sitti Masyita, S.Pd.Gr dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid. Dari 447 peserta, yang dapat hadir langsung hanya 268 orang, sedangkan yang mengikuti secara online 178 mahasiswa.

Sementara Dekan FKIP, Dr. Ir. Amiruddin Kade, M.Si dalam sambutannya menyampaikan agar para lulusan tetap menjaga kualitas pendidikan demi meningkatkan penjaminan mutu PPG khususnya di lingkungan FKIP Untad.

“Ada 4 kompetensi guru yang harus dimiliki yaitu kompetensi  profesional, kompetensi  kepribadian, kompetensi  sosial, dan kompetensi pedagogis. Maka penting bagi anda para guru professional untuk menjaga kualitas penjaminan mutu PPG yang ada di Universitas Tadulako terkhusus di FKIP.  Jika tidak serius menjaga kualitas PPG ini akan berdampak pada pengembangan PPG,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Rektor Untad Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT menyampaikan bahwa sangat penting adanya peningkatan kapasitas sebagai seorang guru.

Menurutnya di dunia kerja sekarang saat ini tidak hanya menuntut keberadaan ijazah, tetapi sertifikasi bukti adanya keprofesional sebagai seorang pendidik juga dibutuhkan.

“Profesi guru ini merupakan benar-benar amal jariyahnya tidak terputus, maka penting bagi para calon guru meningkatkan kualitas diri menjadi guru yang profesional. Untad kini juga mencoba hadirkan rekognisi pembelajaran lampau (RPL),”jelas Rektor.

Dalam momen yudisium tersebut, Rektor Untad juga menyampaikan akan adanya peningkatan fasilitas penunjang PPG FKIP Untad agar terciptanya ruang kelas yang terjamin demi peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran PPG. *ENG