RAYA – Puskesmas Nosarara inisiasi program kesehatan gratis di Keluarahan Tavanjuka dengan segmentasi usia produktif dan lansia. Syarat utama menerima layanan program ini adalah memiliki , sehingga masyarakat diberi empat layanan secara gratis.

Pada Jumat 16 Februari 2024, kegiatan dilakukan di Posyandu Anggrek, Jalan Ranggigamagi dengan dua fasilitator utama, masing-masing Hazani sebagai kepala seksi dan Erniyanti sebagai Pemberdaya Masyarakat Kelurahan Tavanjuka.

Erniyanti memberi tanggapan baik pada program itu, disamping itu ia ingin Keluarahan Tavanjuka menjadi terlihat lebih progresif di pandangan masyarakat Kota .

Operasional kegiatan dimulai dari pukul 07:00 pagi untuk mengikuti senam pagi, selanjutnya sesi utama layanan gratis dimulai pukul 08:00 pagi dengan beberapa layanan seperti Pemeriksaan Dokter, Pelayanan Farmasi/Obat, Konseling dan Penyuluhan Kesehatan dan Deteksi Dini Kasus Penyakit. Hingga pelayanan ditutup pada pukul 11:00 siang.

Program itu disahkan pada tahun 2023 oleh Hardianto Rasyid selaku Wali Kota Palu, dilaksanakan seluruh Puskesmas Kota Palu dengan konsep satu kecamatan, satu kelurahan setiap satu pekan.  Namun sayang, berdasarkan penuturan Muhamad Reza sebagai penangguang jawab kegiatan, program ini tidak mendapatkan dukungan penganggaran yang memadai.

Ia berharap, agar adanya perencanaan dan penganggaran yang baik, agar kegiatan ini bisa berjalan secara optimal. “Setiap kegiatan puskesmas itu melekat di BOK (Bantuan Operasional Kesehatan). Sementara kegiatan ini tidak di BOK. Kita butuh penganggaran dalam setiap kegiatan. Karena ini merupakan kampanye Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dan biasa kita menyiapkan buah-buahan. Jadi jika tidak didukung dengan perencanaan serta penganggaran yang baik, maka tidak bisa berjalan baik bahkan tumpang tindih dengan kegiatan yang lain,” sebutnya saat ditemui di lokasi kegiatan. MG1