SULTENG RAYA – Komisi Pemilihan Umum () Kabupaten Poso mulai mendistribusikan logistik . Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (10/2/2024) ini merupakan tahap awal pendistribusian logistik untuk  6 kecamatan terjauh yang meliputi  wilayah kecamatan Lore Bersaudara.

Kegiatan yang dikonsentrasikan di halaman Gudang Logistik KPU Poso Jalan Pulau Kalimantan, Kota Poso ini, tampak dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Poso Markarma Lasimpala, Kapolres Poso AKBP Arthur Sameaputty, S.I.K., Kasdim 1307/Poso Mayor Inf. Ahmad Jayadi, Ketua KPU Poso Muh. Ridwan Daeng Nusu,  Anggota Poso Helmi Mongi, dan Komisioner KPU Sulteng Dirwansyah.

Sebelum pelepasan, Kapolres Poso AKBP Arthur Sameaputtty memimpin apel pengamanan dan pengawalan logistik sampai ke TPS.  Kapolres Poso menyatakan, sebanyak 308 personil Polri dibantu personil TNI dikerahkan untuk pengamanan dan pengawalan TPS.

Ditambahkan Kapolres, dalam rangka melakukan pengawalan logistik Pemilu ke wilayah masing-masing agar dapat tiba tepat waktu, para personel yang sudah diberikan tugas dan tanggungjawab pengawalan agar bisa melakukan langkah kontingensi disesuaikan dengan keadaan maupun kondisi lapangan dan apabila ada kendala agar segera dilaporkan secara berjenjang.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres kembali menekankan kepada seluruh personel TNI-Polri untuk terus berkomitmen menjaga netralitasnya dalam mendukung suksesnya kontestasi Pemilu 2024 di Kabupaten Poso.

Sama halnya, Dandim 1307/Poso yang di wakili oleh Kasdim Mayor Inf Ahmad Jayadi mengatakan, Kodim 1307/Poso akan terus mendukung Polri dalam mengoptimalkan proses pengawalan logistik pemilu tersebut dengan baik, mengingat satu saja logistik yang tertukar akan berpengaruh pada pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung pada 14 Februari mendatang.

Sementara itu, Ketua KPU Poso Moh Ridwan Dg Nusu mengatakan, tahap awal pendistribusian logistik untuk 6 kecamatan terjauh.

“Logistik terdiri dari 700 kotak suara, surat suara dan kelengkapan pencoblosan lainnya,” terangnya.

Selanjutnya kata Ridwan, Distribusi logistik akan dilaksanakan pada 11 dan 12 Februari.

Kegiatan apel bersama diakhiri dengan Pelepasan kendaraan yang membawa logistik Pemilu 2024 secara simbolis oleh Bupati Poso yang diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Poso. SYAM