SULTENG RAYA – PT Gunbuster Nickel Industry () memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja () Nasional Tahun 2024 dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan di lingkungan perusahaan, Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Kamis (25/1/2024). Hal ini dilakukan sebagai salah satu aksi nyata perusahaan dalam mengutamakan keselamatan kerja.

Head of Corporate Communication PT GNI, Mellysa Tanoyo, mengatakan bahwa Bulan K3 menjadi momen untuk mendorong semangat seluruh individu perusahaan untuk mewujudkan budaya K3 dengan menerapkannya di setiap pekerjaan.

“Momentum ini penting bagi perusahaan, karena ini bukan hanya kegiatan seremonial, namun juga pengingat untuk terus menggalakkan K3 di segala aspek pekerjaan,” katanya melalui keterangan tertulis Kamis (25/1/2024).

Dia menambahkan, untuk menyukseskan budaya K3 dibutuhkan sinergi berbagai pihak, baik internal perusahaan maupun dukungan pemerintah, guna menghasilkan komitmen bersama untuk mewujudkan kesadaran akan pentingnya bekerja dengan aman dan nyaman.

Sejalan dengan tema Bulan K3 Nasional 2024, ‘Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha', Pimpinan PT GNI, Zhou Yuan, menegaskan bahwa K3 merupakan suatu hal yang penting dan menjadi komitmen bersama.

“Kesehatan dan keselamatan bukan sekadar formalitas, tetapi ini merupakan suatu komitmen seluruh karyawan perusahaan,” tegas dia.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tengah, Arnold Firdaus, menyampaikan apresiasinya kepada PT GNI atas pelaksanaan Bulan K3 2024 dan komitmen perusahaan dalam progress perkembangan aspek K3.

“Terima kasih atas komitmen PT GNI dalam memenuhi ketentuan perundang-undangan yang dalam progress perkembangannya telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” katanya.

Ia juga menyampaikan amanat langsung dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) tentang pentingnya pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul dan menekankan peran serta seluruh individu perusahaan dalam penerapan K3.

Menurut Menaker, dia melanjutkan, pelaksanaan K3 harus semakin menjadi perhatian dan menjadi prioritas bagi dunia kerja di Indonesia. Maka dari itu, seluruh tenaga kerja diharapkan dapat terus meningkatkan budaya K3 khususnya di tempat kerja, sebagai bentuk kontribusi dalam menjaga aset perusahaan dan mendukung keberlangsungan usaha.

“Melalui momentum bulan K3 ini, saya mengajak semua pihak untuk membangun budaya K3. Peran seluruh pekerja dalam membiasakan cara dan sikap bekerja aman juga sangat diperlukan untuk mewujudkan budaya K3. Di sisi lain, peran pengusaha untuk menciptakan kondisi tempat kerja yang aman juga perlu dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan,” tutup Arnold.

Sebagai informasi, peringatan Bulan K3 di PT GNI diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya Workshop K3, Upacara Bulan K3, dan beberapa perlombaan menarik terkait K3, seperti lomba membuat yel-yel, kebersihan mess, dan lain sebagainya. Dengan berbagai inisiatif ini, PT GNI tidak hanya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, tetapi juga menumbuhkan kreativitas karyawan serta memberikan kontribusi positif pada pembangunan berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan upacara yang juga dihadiri oleh Perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan RI Muhammad Fertiaz, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Morowali Utara Kartiyanis Lawaka, jajaran manajemen, serta segenap karyawan PT GNI. * VAN