SULTENG RAYA-Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten , Khrisna Anggara, SH., MH berharap agar media terus memberikan kontribusi dalam hal mengedukasi masyarakat terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Karena menurutnya media sampai saat ini masih menjadi alat strategis dalam memberikan informasi dan kepada masyarakat, baik itu media cetak, online, Radio, maupun TV.

Meskipun katanya, jika melihat hasil penelitian yang dilakukan bersama-sama antara BNN dengan BRIN dan BPS selama 2 tahun terakhir terjadi penurunan angka penyalahgunaan narkoba sekitar 0,2 persen, atau dari 1,95 persen menjadi 1,75 persen.

“Jika melihat angka 1,75 persen dari total penduduk Indonesia 278,7 juta jiwa pada pertengahan 2023 (Data BPS), mungkin ada yang mengatakan itu sedikit, tapi jika dihitung baik-baik itu masih ada sekitar 3,3 juta penduduk kita yang masih terpapar narkoba, angka ini masih sangat besar,”sebutnya, saat melakukan kunjungan ke Kantor Redaksi Sulteng Raya, Selasa (23/1/2024).

Apa lagi katanya, tempat rehabilitasi yang dimiliki pemerintah maupun swasta masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan angka 3,3 juta itu. Sebagai contoh tempat rehabilitasi rawat inap terdekat dari Sulawesi Tengah hanya ada di Baddoka Makassar.

Belum lagi daya tampung setiap tempat rehabilitasi itu sangat terbatas, untuk itu upaya pencegahan harus menjadi prioritas utama melalui penyuluhan, sosialisasi, dan edukasi termasuk melalui bantuan media. Karena dengan melihat sumber daya yang dimiliki BNN yang sangat terbatas itu, tidak memungkinkan berjalan sendiri memikul tanggungjawab tersebut. “Karena itu bantuan teman-teman media, melalui pemberitaannya sangat membantu kerja-kerja BNN, dan itu sangat diharapkan untuk terus dilakukan,”sebut kaban.

Dikesempatan yang sama, Pimpinan Perusahaan Sulteng Raya, Suyanto memastikan akan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki media ini untuk membantu kerja-kerja BNN untuk mengedukasi masyarakat melalui pemberitaan berisi konten-konten P4GN. Dengan harapan melalui pemberitaan itu bisa menyelamatkan generasi bangsa ini dari penyalahgunaan narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Donggala, Khrisna Anggara, SH., MH berkunjung ke Kantor Redaksi Sulteng Raya didampingi oleh Sub Koordinator P2M BNN Kabupaten Donggala Markus, S.Kep., Ns dan sejumlah stafnya diterima langsung oleh Pimpinan Perusahaan Sulteng Raya, Suyanto. ENG