SULTENG RAYA – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi bersama Polda Sulawesi Tengah melakukan Penandatanganan Kontrak Pembelian BBM dan Pelumas untuk tahun 2024 di Hotel Santika , Kamis (18/1/2024).

Kontrak kerja sama itu ditandatangani oleh Region Manager Corporate Sales PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Ferry Pasalini dan Kepala Biro Logistik Polda Sulteng, Kombespol Slamet Riyadi MM.

Penandatangan kerja sama itu merupakan agenda tahunan untuk membantu operasional 17 satuan kerja (Satker) di jajaran Polda Sulteng.

“Kami berharap dengan adanya penandatangan kontrak yang dilaksanakan hari ini, seluruh kebutuhan BBM dan Pelumas Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah akan terpenuhi dengan baik, jika masih ada kendala kita bisa cari solusi yang terbaik,” ujar  Region Manager Corporate Sales PT Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Ferry Pasalini dalam sambutannya.

Ferry Pasalini menegaskan bahwa BBM yang disediakan untuk kepolisian merupakan jenis BBM non subsidi meski pengisiannya dilaksanakan di SPBU.

Ferry mengatakan, untuk beberapa satker, kuota BBM dititip di SPBU yang telah ditentukan, namun tidak mengambil jatah masyarakat. Menurutnya, ada kuota khusus yang ditambahkan di SPBU. Dia mengatakan, khusus Polda Sulteng, saat ini baru ada satu tempat pengisian BBM khusus atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Polri (SPBP).

“Pada prinsipnya kami PT  Pertamina Patra Niaga berkomitmen menjaga ketersediaan stok energi nasional dan menetapkan Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai mitra strategis untuk mendukung beberapa kegiatan kepolisian, terutama beberapa momen, seperti momen di bulan Februari mendatang,”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Ferry juga berharap kepolisian Daerah Sulawesi Tengah mendukung sejumlah program PT Pertamina Patra Niaga yang akan dilaksanakan tahun ini.

“Kami mau menyampaikan bahwa  PT Pertamina Patra Niaga memiliki beberapa kegiatan, yang kami mohon bantuan kepolisian untuk mendukung, seperti program subsidi tepat untuk BBM bersubsidi, subsisdi tepat untuk LPG 3 kg, serta bantuan pengamanan untuk objek vital negara yang ada di Sulteng seperti Terminal BBM dan Depot Pengisian Pesawat Udara. Kami mohon bantuan untuk pengamanannya, sehingga tugas kami untuk pemenuhan energi nasional dapat berjalan dengan baik,”jelas Ferry.

Sementara itu, Kepala Biro Logistik Polda Sulteng, Kombespol Slamet Riyadi MM mengatakan, untuk pengadaan BBM dan Pelumas  secara reguler, nilai kontrak yang disiapkan senilai Rp35 Miliar untuk tahun 2024.

Menurut Slamet Riyadi, pengelolaan manajemen logistik yang baik untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri  sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta sebagai penegak hukum dalam rangka terwujudnya Harkamtibmas di Negara Republik Indonesia.

“Hal ini merupakan bentuk implementasi kerjasama kelembagaan yang riil dan terpercaya guna terwujudnya kerja sama semua pihak yang berkompeten, khususnya  pelaksanaan proses penyediaan bahan bakar dan pelumas yang mudah, transparan serta akuntabel searah dengan tujuan dan visi dan misi kedua belah pihak,”katanya.

Menurut Slamet Riyadi, Polda Sulteng akan melaksanakan pengamanan Operasi Mantap Brata Tinombala tahun 2024, dengan adanya kerjasama dengan pihak Pertamina, diharapkan mampu mendukung tugas-tugas Polri dalam memberikan pelayanan, perlidungan dan pengayoman kepada masyarakat sehingga Pemilu dapat dilaksanakan dengan aman dan sukses.

Kegiatan Penandatanganan Kontrak Pembelian BBM dan Pelumas turut dihadiri sejumlah pejabat di jajaran Polda Sulteng, diantaranya Perwakilan Dirlantas, Direktur Samapta Kombespol Richard B Pakpahan, Direktur Polairud Kombespol Yudie Sulistiyo, Dansat Brimob Kombespol Kurniawan Tandi Rongre, Kapolresta Palu Kombespol Barliansyah serta seluruh jajaran Kapolres se-Sulawesi Tengah *WAN