RAYA – Awali tahun 2024, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II melaksanakan tes urine kepada empat anak binaannya. Langkah yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui kandungan obat-obatan terlarang maupun obat lainnya yang terdapat pada urine sehingga memastikan bahwa setiap anak binaan tetap aman dan terbebas dari penyalahgunaan , Kamis (11/1/2024) pagi di ruang klinik Ceria .

Kegiatan itu, dipimpin langsung oleh petugas perawat diantaranya Ayu, Lise Apole dan Ni Made Lisnawati. “Kami pastikan menyambut awal tahun 2024, anak binaan LPKA Palu terbebas dari penyalahgunaan narkotika,” kata Umi.

Dalam momen itu, Umi menuturkan LPKA Palu tengah menggaungkan inovasi layanan kesehatan guna menciptakan “Generasi Sehat, Generasi Emas”. Ia juga menjelaskan, dalam mencapai tujuan tersebut perlu adanya komitmen bersama, salah satunya dengan melakukan tes urine dan sosialisasi pola hidup sehat yang rutin dilakukan kepada seluruh anak binaan. “Kegiatan ini kita hadirkan setiap minggunya, jadi setiap kamar akan secara bergantian untuk dilakukan tes urine,” jelas Umi.

Selain itu dirinya menambahkan, kedepannya LPKA Palu akan menggandeng para stakeholders terkait seperti Badan Narkotika Nasional , Dinas Kesehatan Kota Palu dan yang berperan aktif dalam bidang pemenuhan layanan kesehatan.

Hasil tes urine menyatakan empat orang anak binaan negatif serta memastikan bahwa LPKA Palu membuktikan diri sebagai Unit Pelaksanaan Teknis di bawah jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Sulawesi Tengah yang bersih dari penyalahgunaan narkotika.

Sementara, Revanda Bangun selaku Kepala LPKA Palu memberikan apresiasi kepada jajarannya untuk bergerak cepat dalam memberantas peredaran narkotika, selain itu dirinya menegaskan tes urine tersebut bukan hanya dilakukan kepada seluruh anak binaan, tetapi seluruh keluarga besar LPKA Palu juga dilakukan pemeriksaan rutin. “Saya pastikan menindak tegas jika ada yang terbukti positif, untuk itu mari bersama ciptakan lingkungan yang sehat, serta raih yang membanggakan,” tegasnya.

Dengan hasil tersebut, dapat dipastikan hingga saat ini LPKA Palu masih kokoh mempertahankan dirinya sebagai instansi yang Bersih dari Narkoba (Bersinar). “Terima kasih telah mempertahankan hal baik ini, saya sangat berharap bagi kita semua untuk terus berkomitmen dalam menciptakan LPKA Palu Bersinar,” kata Revanda. */YAT