RAYA – Seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan jajaran di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) mengikuti kegiatan pendampingan penguatan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) di salah satu hotel di Jakarta, Rabu (17/1/2024).  

Seperti pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) Fasilitasi Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Palu Tahun Anggaran (TA) 2023 pada Senin (15/1/2024), para OPD juga mendapatkan materi dari narasumber kompeten dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kali ini, para OPD mendapat materi dari Asisten Deputi Akuntabilitas Pengawas III Kemenpan RB, Adri Rahardian dan sejumlah pejabat Kemenpan RB lainnya.

“Atas nama Pemerintah Kota Palu, saya ucapkan terimakasih atas kehadiran pejabat dan narasumber dari Kemenpan RB beserta Sekkot Palu, Asisten Setda Kota Palu, kepala OPD dan pendamping lainnya di kegiatan ini,” kata Wali Kota Palu, .

Ia menyampaikan, kegiatan LPPD, SAKIP dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) yang diikuti tersebut, bukan semata-mata memenuhi kewajiban Aparatur Negara.

“Akan tetapi kita harus bisa menangkap dan memahami apa yang menjadi esensi dari kegiatan ini, tujuannya akan kembali kepada kita semua. Tentunya dengan pemahaman yang baik, pastinya akan membuat kerja kita jauh lebih baik dan terarah. Apalagi kita bicara SAKIP, yah tentunya berbicara soal akuntabilitas keuangan daerah,” kata Wali Kota Hadianto.

Pastinya, kata dia, aturan menjadi alat ukur, baik perencanaan dan penganggaran merupakan satu integritas sistem tidak bisa terpisahkan.

“Sama halnya dengan kegiatan LPPD yang kita laksanakan. Saya berharap mari kita ikuti semua rangkaian kegiatan ini sebagai upaya memperkuat perform kerja kerja kita di . Bukan hanya soal administrasi saja akan tetapi bagaimana pengelolaan APBD kita dengan baik guna menuju target dalam rencana kerja jangka menengah dan jangka panjang,” tuturnya.

Turut hadir, Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palu, Imran Lataha. HGA