SULTENG RAYA – Persipal berhasil meraih poin penuh pada laga perdana babak 12 besar Liga 2 tahun 2023/2024. Tiga poin Persipal didapat usai menang tipis 2-1 saat menjamu Persewar Waropen di Stadion Gawalise Palu, Sabtu (6/1/2024).

Persipal Palu unggul cepat melalui sepakan penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh striker Irvan Mofu di menit  ke- 5. Tertinggal lebih awal, Persewar Waropen meningkatkan intensitas serangan dan terus menekan tuan rumah, hasilnya menit 17, Richardo Kaka berhasil menyamakan kedudukan melalui sepakan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihalau penjaga gawang Persipal Palu, Ramadhan.

Usai menyamakan kedudukan, Persewar Waropen tidak mengendurkan serangan. Namun serangan Boaz Solossa dkk tidak mampu menerobos rapatnya pertahanan Persipal Palu. Justru, Persipal Palu yang berhasil menambah keunggulan melalui gol Fikri Ardiansyah menit ke 26 melalui skema serangan balik.

Hasil akhir 2-1 membuat Persipal Palu memimpin sementara Grup Z babak 12 besar Pegadaian Liga 2  tahun 2023/2024. Pada pertadingan lainnya, tuan rumah PSBS Biak berhasil menang 1-0 atas Gresik United di Stadion Pendidikan Kabupaten Biak Numfor.

Ini merupakan kemenangan kedua Persipal Palu saat menjamu Persewar Waropen di Stadion Gawalise. Sebelumnya pada babak penyisihan, Persipal Palu juga menang dengan skor 2-1 pada 29 November 2023 yang lalu.

Usai pertandingan, pelatih Persewar Waropen Eduard Ivakdalam mengatakan, selamat kepada Persipal Palu atas kemenangan yang diterima. Pada kesempatan itu, Eduard mengkritik kinerja wasit yang dinilai banyak melakukan kesalahan-kesalahan, termasuk soal penalti yang diberikan kepada Persipal Palu. 

Menurutnya, permainan berjalan seimbang, hanya saja beberapa intruksi belum dilaksanakan secara maksimal. Faktor kelelahan usai libur panjang juga menjadi salah satu yang harus diperbaiki Persewar pada pertandingan selanjutnya.

Sementara itu, Pelatih Persipal, Syamsuddin Batolla mengucapkan terima kasih kepada pemain karena  bermain bagus  dan penuh semangat. Menurutnya, ini modal awal bagi Persipal untuk terus menjaga asa melaju ke semifinal Liga 2.

Selanjutnya, Persipal Palu akan melakoni laga away menghadapi Gresik United pada Jumat (12/1/2024) mendatang. WAN