SULTENG RAYA – Gugus Depan (Gudep) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II sukses melewati Kemah Bakti Pramuka dan Komunitas Pemuda se-Kota Palu Tahun 2023, Ahad (17/12/2023) siang.

Kegiatan tersebut, digelar selama empat hari dimulai dari tanggal 14 Desember 2023 sampai dengan 17 Desember 2023 yang diikuti oleh peserta tingkat Penegak dan Pandega dari masing-masing Gudep dan Komunitas Pemuda se-Kota Palu yang berlokasi di Bumi Perkemahan Pue Mantikulore.

Pada kesempatan tersebut, Gudep LPKA Palu mengirimkan delapan orang anak binaannya dan berhasil menorehkan beberapa prestasi membanggakan.

Menjadi Pembina Damping, Taufiq Hidayah bersama Rizki Fandu mengatakan, dengan berakhirnya kegiatan ini, menjadikan Pramuka LPKA Palu lebih dikenal serta mampu bersaing dengan Gudep-gudep yang ada di Kota Palu. “Alhamdulillah, delapan anak binaan kami sukses melewati rangkaian kegiatan yang digelar Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Palu, sebelum menutup tahun ini, kami dapat menorehkan hal yang membanggakan bagi Gudep.LPKA Palu,” kata Taufiq.

Selain itu, dalam perhelatan akbar tersebut para anak binaan mampu menunjukkan kemampuannya dalam hal Pentas Seni, Menjadi pelopor dalam menuntaskan Bahaya Narkoba, serta menjadi perwakilan aktif dalam mendorong kebersihan lingkungan. Hal itu ditunjukkan sebagai komitmen LPKA Palu yang diimplemantasikan dari para anak binaannya selama mengikuti kegiatan tersebut.

“Luar biasa para anak binaan dapat menorehkan prestasinya, tentunya kami di LPKA Palu akan terus mendukung tumbuh kembang anak serta siap untuk mewujudkan generasi cerdas guna menciptakan daerah dan negeri ini semakin maju,” tambah Taufiq.

Menjadi peserta aktif dalam kegiatan tersebut, RN salah seorang anak binaan yang saat itu menjadi perwakilan peserta aktif mengaku, sangat bahagia karena bisa kembali dipercaya dalam memimpin teman-temannya. “Suatu kebanggan bisa membawa teman-teman dan bersama-sama melawati kemah bakti, fokus dan gotong royong merupakan kunci keberhasilan kami, tentunya hal baik ini kami persembahkan untuk gudep LPKA Palu,” ujar RN.

Dalam momen penutupan tersebut, H. Nanang selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Palu sangat bersyukur kegiatan ini dapat berjalan baik dan lancar.

Ia juga berharap, agar setiap peserta mampu mengambil khidmat dan manfaat dari kegiatan kemah bakti yang merupakan kegiatan berfokus pada hadirnya Pramuka di tengah-tengah Masyarakat. “Terima kasih para bina damping, ketua gudep, serta ketua Mabigus yang ada di Kota Palu. Tidak terasa 4 hari telah dilewati dengan penuh keceriaan, semoga dari kegiatan ini dapat melahirkan bibit-bibit unggul yang mampu memajukan daerah,” terang Nanang.

Diakhir kegiatan, dirinya menyerahkan beberapa sertifikat penghargaan yang menandakan berakhirnya kegiatan tersebut serta memberikan apresiasi kepada setiap peserta aktif yang salah satunya diterima oleh anak binaan LPKA Palu. “Semoga dengan ini, kalian dapat menjadi pelopor serta memotivasi teman-teman lainnya untuk terus berkarya,” jelasnya. */YAT