RAYA – sukses semarakkan semangat Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan serta ketersediaan produk dan layanan bernilai tambah guna memastikan kelancaran dan kenyamanan konektivitas dan pengalaman pelanggan.

Selama periode itu, Telkomsel Regional Sulawesi mencatatkan lonjakan trafik akses broadband hingga 14,15 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa sepanjang 2023 atau melonjak hingga 26,92 persen dibandingkan dengan periode Nataru periode sebelumnya, dengan total trafik layanan data (payload) pada puncaknya mencapai 6,3 PB.

Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Telkomsel sejalan dengan komitmennya sebagai connectivity enabler dengan layanan konvergensi di Indonesia demi menghadirkan inovasi teknologi jaringan serta layanan terdepan guna merayakan #SemarakSemangat baru.

General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel Sulawesi, Muhammad Idham Kadir mengatakan, pihaknya hadir dengan mengusung semangat kebersamaan untuk menghubungkan setiap sudut negeri guna menemani masyarakat Indonesia di momen akhir tahun melalui Program Telkomsel Siaga NARU 2023/2024 dalam mengantisipasi lonjakan trafik layanan broadband dengan melakukan optimalisasi jaringan broadband berteknologi terdepan serta menjamin ketersediaan produk dan bernilai tambah yang mengedepankan prinsip customer-centricity.

Lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital selama periode itu, didorong peningkatan aktivitas pelanggan pada pemanfaatan layanan digital seperti akses media melonjak 10,52 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) naik 21,40 persen, video streaming sekira 59,4 persen, mobile gaming melonjak hingga 72 persen, dan akses browsing tumbuh hingga 12,4 persen.

“Kami juga mencatat adanya peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi/platform digital favorit seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, , dan Facebook. Sedangkan untuk trafik layanan SMS penurunan sebesar 1,82 persen dan layanan suara mengalami penurunan sekira 1,87 persen,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Ahad (7/1/2023).

Dikatakannya, seluruh aktivitas digital pelanggan turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama momen itu di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti di wilayah operasional Toraja Utara tumbuh 30,69 persen, Minahasa Selatan naik sekira 27,32 persen, Mamasa tumbuh sekira 25,78 persen, Tana Toraja sebesar 25,42 persen, dan Bulukumba tumbuh 20,75 persen. 

Selain itu, pada periode tersebut, masyarakat banyak melakukan mobilisasi untuk mudik atau berlibur jelang perayaan Nataru, Telkomsel menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan ke sejumlah daerah yang menjadi tujuan mudik dan berlibur di akhir tahun seperti Provinsi Sulawesi Selatan yang tumbuh 3,91 persen, Sulawesi Barat yang tumbuh 3,87 persen, Sulawesi Utara yang tumbuh 3,69 persen, dan Gorontalo yang tumbuh 2,71 persen.

Telkomsel Regional Sulawesi telah memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital dan komunikasi melalui berbagai langkah antisipatif yang telah dilakukan terutama di 25 lokasi khusus di Sulawesi dan Maluku Utara.

Lokasi khusus itu mencakup 22 area spesial seperti mal, alun-alun, pusat keramaian, dan tiga area residensial. Secara keseluruhan, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan dengan meningkatkan kapasitas tiga unit BTS 4G/LTE, penambahan 15 unit BTS 4G/LTE baru, penambahan 4 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 2 iMacro, sehingga menggenapi lebih dari 33.836 BTS yang tersebar di seluruh Sulawesi dan Maluku Utara dengan jangkauan hingga 91,84 persen wilayah populasi.

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik, Telkomsel pun telah meningkatkan kapasitas Gateway GPRS Support Node (GGSN) hingga 1440 Gbps dan kapasitas IX ( Experience) hingga 1400 Gbps, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote per virtual.

“Semoga kontribusi Telkomsel dengan menghadirkan konektivitas yang andal hingga pelosok negeri dapat membangkitkan masyarakat menyambut berbagai peluang baru,” tutup Idham. */RHT