SULTENG RAYA – , Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi dalam tubuh organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di penghujung tahun 2023.

Hal itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: 2865/XII/KEP./2023 tanggal 28 Desember 2023 ditandatangani oleh As SDM Polri, Irjen Pol Prof. Dedi Prasetyo sebanyak 337 personel Perwira Menengah (Pamen) hingga Perwira Tinggi (Pati) dimutasi.

Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol Djoko Wienartono dalam keterangan resminya pada Rabu (28/12/2023) mengatakan, empat Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng dan satu Kapolres berganti diantaranya, Dirpamobvit Kombes Pol Choiron El Atiq diangkat dalam jabatan baru sebagai Auditor Sispamobvitnas Madya TK. II Baharkam Polri dan posisinya diganti oleh Kombes Pol Murwoto sebelumnya menjabat sebagai Dirsamapta Polda Banten.

Berikutnya, Dirreskrimsus Kombes Pol Ilham Saparona diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pidter Bareskrim Polri dan posisinya digantikan oleh Kombes Pol Bagus Setiyawan yang sebelumnya menjabat sebagai Dirpolairud Polda Sulteng.

Sementara, Wadirreskrimsus AKBP M. Yudie Sulistiyo mendapatkan promosi jabatan sebagai Dirpolairud Polda Sulteng. Kepala SPN Polda Sulteng, Kombes Pol M. Anggi Naulifar Siregar diangkat dalam jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Bindiklat Lemdiklat Polri (Dalam rangka Dik Sespimti Polri Dikreg ke-33 TA.2024) dan posisi Kepala SPN diisi oleh AKBP Bayu Indra Wiguno yang sebelumnya menjabat Kabag Bingkar Ro SDM Polda Sulteng. Terakhir, Kapolres Poso, AKBP Riski Fara Shandi diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadanmen I Paspelopor Korbrimob Polri dan posisinya diganti oleh AKBP Arthur Sameaputty yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon C Men II Paspelopor Korbrimob Polri.

Djoko menyebut, rotasi jabatan tersebut merupakan hal yang biasa dilakukan di lingkungan Polri. “Rotasi jabatan tersebut bertujuan untuk penyegaran dan peningkatan kinerja organisasi, serta dalam rangka pembinaan karir yang bersangkutan. Terlebih Polri diperhadapkan tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks utamanya menghadapi Pemilu serentak di tahun 2024,” jelasnya. */YAT