SULTENG RAYA- Badan Pengawas Pemilu () Kota memberikan penguatan kepada saksi partai politik (parpol) peserta melalui fasilitasi pelatihan yang dilaksanakan di salah satu hotel Kota Palu, Rabu (27/12/2023).

Kegiatan fasilitasi pelatihan saksi parpol peserta Pemilu 2024 itu diikuti oleh masing-masing perwakilan parpol yang nantinya akan berhubungan langsung dengan para saksi yang akan ditempatkan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kota Palu, Ferdiansyah menjelaskan, kegiatan ini sesuai amanat Pasal 351 ayat 8 undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum untuk pelatihan saksi.

“Pelatihan saksi itu memang diamanahkan kepada kami,”sebut Ferdiansyah.

Di tempat tersebut, Ferdiansyah juga mengingatkan kembali para parpol terkait potensi-potensi kerawanan yang bisa terjadi di TPS, serta mengingatkan bahwa setiap saksi harus mendapatkan surat tertulis dari tim kampanye atau pasangan calon yang diusung oleh parpol atau gabungan parpol untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pengurus parpol tingkat kabupaten/ kota atau di atasnya untuk pemilu Anggota , DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/ Kota, serta Persorangan untuk pemilu Anggota DPD (peserta pemilu).

“Terpenting saksi itu bertugas untuk menjamin agar pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berlangsung jujur dan adil sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”pesan  Ferdiansyah.

Namun disisi lain katanya, saksi juga dilarang mengenakan atau membawa atribut yang memuat nomor, nama, foto calon/pasangan, simbol/gambar parpol, atau menggunakan seragam dan atau atribut lain yang memberikan kesan mendukung atau menolak peserta Pemilu.

Mempengaruhi atau mengintimidasi pemilih dalam mempengaruhi pilihannya, dan mengerjakan atau membantu mempersiapkan perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara.

Diakhir pemaparan, Ferdiansyah menyampaikan jika Bawaslu Kota Palu selalu membuka diri kepada seluruh parpol yang ingin melakukan konsultasi termasuk terkait saksi parpol mendatang. ENG