SULTENG RAYA – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum da Sulawesi Tengah (Kanwil Sulteng), menggelar Dialog Interaktif dan Ramah Tamah dalam peringatan Hari Sedunia yang ke-75 Tahun.

Berlokasi di aula terbuka hunian anak binaan, Kepala LPKA Palu Revanda Bangun turut didampingi para Pejabat Struktural LPKA Palu, para Staf dan seluruh anak didik menyambut kedatangan Kepala Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kabid HAM Sulteng) Mangatas Nadeak, Kepala Subbidang Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM (P3HAM) Sulteng Fitriana Anas, beserta Tim Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sulteng.

Pada Kesempatan itu, Kepala LPKA Palu, Revanda Bangun mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut di rumahnya sendiri, ia memastikan agar seluruh anak didiknya terpenuhi hak serta tetap menjalankan kewajibannya. “Kami siap untuk berkolaborasi dan berkontribusi dalam menegakan serta pemenuhan HAM khususnya bagi seluruh Anak Didik,” ujar Revanda, Jumat (8/12/2023) pagi.

Revanda menambahkan, pihaknya akan menjadi garda terdepan dalam menegakan HAM, hal tersebut dibuktikan dengan melakukan kunjungan beberapa pekan lalu ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sulteng. “Menjadi komitmen bersama keluarga besar LPKA Palu dalam pemenuhan Hak bagi setiap anak, bukan hanyak anak didik, namun kami juga berfokus pada seluruh anak di Kota Palu, yang pastinya guna mewujudkan Kota Layak dan Ramah Anak serta membangun daerah yang ramah terhadap HAM,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, dari kegiatan ini agar semuanya dapat merefleksikan diri, baik kepada seluruh petugas maupun seluruh anak binaan dalam menyambut peringatan hari HAM yang diperingati setiap tanggal 10 Desember, lebih lanjut ia juga mendorong keterlibatan semua pihak guna pemajuan HAM di wilayah Sulteng.

Kegiatan yang bertajuk “Pemberian Hak dan Kewajiban serta Pembinaan terhadap Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II Palu” merupakan gagasan yang dicanangkan oleh Kanwil Kemenkumham Sulteng dengan berkolaborasi bersama LPKA Palu.

Lebih lanjut, Kabid HAM Sulteng memberikan apresiasi kepada Kepala LPKA Palu beserta jajarannya, serta ia bertekan akan mendukung program yang digaungkan oleh LPKA Palu dan pihaknya siap meningkatkan sosialisasi betapa pentingnya pemajuan HAM bagi setiap daerah. “Pastinya kita akan dukung secara penuh, sudah sepatutnya kita semua berkolaborasi dalam pemajuan HAM, dan untuk anak-anaku sekalian tetap semangat dalam menjalani pembinaan, kejarlah cita-cita kalian, dan buktikan bahwa kalian adalah generasi penerus bangsa yang cerdas,” kata Nadeak, Kabid HAM. */YAT