SULTENG RAYA – Salah satu cara untuk mendukung transformasi ekonomi yang inklusif di Indonesia yakni dengan instrumen pembiayaan utang yaitu Surat Berharga Negara (). PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau terus konsisten menjadi penghubung program pemerintah tersebut untuk kemudian dapat dinikmati masyarakat.

Berkat peran aktif dalam menggerakan pasar dan menjadi market maker baik di pasar perdana maupun pasar sekunder dalam penjualan SBN, BRI kembali mempertahankan predikat sebagai Dealer Utama terbaik di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan mengantongi enam penghargaan sekaligus pada acara Meeting yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI 2023 di Jakarta medio Desember 2023 ini. BRI masih menjadi yang terbaik sejak 2017 lalu atau selama 7 tahun berturut turut.

Adapun enam penghargaan yang diraih BRI diantaranya; Dealer Utama Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Terbaik tahun 2022, Dealer Utama Surat Utang Negara (SUN) terbaik Tahun2022, Dealer Utama Surat Utang Negara (SUN) terbaik Di Pasar Perdana Tahun 2022, Dealer Utama Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Terbaik tahun 2022, Dealer Utama Surat Utang Negara (SUN) terbaik Tahun 2023, Dealer Utama Surat Utang Negara (SUN) terbaik Di Pasar Perdana Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Suminto, kepada SEVP Treasury & Global Services BRI Achmad Royadi.

Royadi pun mengatakan, hal itu menunjukkan konsistensi BRI yang terus berperan aktif dalam strategi pembiayaan pemerintah yang adaptif melalui penjualan SBN.

“Penghargaan ini tak lepas dari dukungan nasabah yang mempercayakan transaksi SBN-nya kepada BRI. Dengan penghargaan ini, BRI berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan dan solusi perbankan terbaik sejalan dengan visi BRI untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025,” ucap Royadi dalam keterangan tertulis yang diterima Sulteng Raya, Senin (25/12/2023).

Untuk diketahui, secara total penjualan SBN yang berhasil dicatatkan BRI mencapai Rp10,9 triliun sepanjang tahun 2023. Salah satunya melalui penjualan terakhir yakni ST011 di BRI yakni mencapai Rp1,35 triliun hingga akhir periode penawaran.

BRI memproyeksikan SBN di tahun depan akan tetap menarik minat investor, karena selain dijamin oleh pemerintah dengan kupon atau imbalan  lebih tinggi dari deposito perbankan, serta dapat dibeli dari minimum Rp 1 juta.

Di sisi lain, BRI memfasilitasi akses pembelian SBN dengan mudah melalui fitur e-SBN di Super Apps . Dengan demikian, diharapkan semakin banyak investor yang tertarik membeli produk obligasi milik pemerintah ini. RHT