SULTENG RAYA – PT Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama Huawei Indonesia menutup tahun 2023 dengan kesepakatan kerjasama strategis dalam pembangunan layanan dan solusi B2B (Business-to-Business).

Kesepakatan tersebut, ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya dan CEO of Carrier Network Business Group Huawei Indonesia, Steven Wang bertempat di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktur Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, CEO Huawei Indonesia, Long, CTO Huawei XToB Business, Jennifer Zhang, Direktur Huawei Cloud APAC, Benson Qin, serta CEO Huawei Cloud Indonesia, James Zhang.

“Melalui nota kesepahaman strategis ini, diharapkan Telkom dan Huawei dapat bekerjasama dalam menyediakan cloud baik untuk SME, enterprise dan government. Hal ini sesuai dengan inisiatif perusahaan untuk terus dapat memimpin segmen pasar B2B IT di Indonesia melalui strategi Five Bold Moves. Kami juga berharap kolaborasi ini dapat mengakselerasi pengembangan talenta digital Indonesia untuk memperkuat bisnis dan komunitas lokal,” kata Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya dalam sambutannya.

Sebagaimana tertuang dalam MoU, kolaborasi Telkom dan Huawei Indonesia akan meliputi dua pilar strategis yaitu kerjasama strategis B2B, dimana Telkom dan Huawei Indonesia bekerjasama mengeksplorasi dan menerapkan teknologi terkini dalam layanan digital, cloud dan data center untuk membangun serta memperkuat keahlian dan kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan kerjasama bisnis B2B dan meningkatkan revenue serta profitabilitas. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan kesempatan dalam menumbuhkan aliran pendapatan baru untuk segmen B2B Telkom yaitu konglomerasi, pemerintah dan usaha kecil-menengah (UKM).

Sementara, pada pilar kedua adalah percepatan pembangunan keahlian TelkomGroup melalui kerjasama pelaksanaan program pelatihan dan sertifikasi yang berfokus pada pengembangan keahlian digital dan inovasi.

Selaras dengan hal tersebut, CEO Huawei Indonesia, Long menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Telkom atas kerjasama yang luas dan mendalam dengan Huawei untuk menghubungkan mereka yang belum terhubung dan berkontribusi terhadap Indonesia. “Kami akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur digital untuk membangun jaringan cloud cerdas yang terdepan di dunia dan berorientasi masa depan yang akan mendukung implementasi strategi digital Indonesia.  Kami yakin, bersama-sama kita akan menorehkan tonggak penting lain dalam kerjasama strategis antara Telkom dan Huawei,” ujar Long.

Dikatakannya, kerjasama ini sekaligus menjadi bagian dari langkah transformasi Telkom melalui strategi Five Bold Moves dalam upaya membangun competitive advantages perusahaan dan leadership di Industri, khususnya melalui B2B Digital IT Service. Kesepakatan ini diharapkan dapat mendukung Telkom dalam memperkuat kapabilitas di bisnis B2B, termasuk cloud, data center dan layanan digital melalui kerjasama strategis dengan para pemain teknologi global. Sekaligus terus meningkatkan kualitas dalam memberikan solusi digital terbaik bagi pelanggan. */HJ