SULTENG RAYA – Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kota menemukan adanya daging ayam potong yang disuntik angin oleh pedagang untuk dijual di Pasar Manonda Palu, Rabu (20/12/2023).

“Dari hasil sidak, ditemukan penjualan ayam potong di Pasar Manonda terlihat stabil. Hanya saja ayam potong yang dijual ada yang sudah disuntik angin, sehingga terlihat membesar,” kata Kabid Ketersediaan Distribusi Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distanketapang) Kota  Palu, Norma saat melaksanakan peninjauan lapangan alias operasi pasar ke beberapa toko dan lapak pedagang di Pasar Manonda Palu, Rabu (20/12/2023).

Ia mengatakan, temuan tersebut bakal ditinjau kembali dan segera ditindaklanjuti.

“Harusnya tidak dibolehkan lagi ada yang menjual ayam yang disuntik angin dan perlu ditinjau kembali dan hal ini jadi temuan untuk segera ditindaklanjuti,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kunjungan tersebut dalam rangka mendapatkan informasi terkini stok pangan di  Kota Palu jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru)

Berasarkan hasil pantauan, ketersediaan pasokan pangan cukup terkendali. Selain ketersdiaan, kata dia, perhatian terus dilakukan terhadap harga pangan lainnya yang masih tinggi, sehingga Pemerintah dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi menjaga stabilitas harga jelang perayaan akhir tahun.

“Kalau ada dinamika harga, memang karena adanya situasional karakter waktunya berdekatan dengan Natal dan Tahun Baru 2024. Namun ketersediaan barang cukup terkendali,” kata Kabid Norma. HGA