SULTENG RAYA – Kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar menggelar rapat koordinasi (rakor) evaluasi seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023 di salah satu hotel di Kota , Rabu (20/12/2023).

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid, menyambut kegiatan dilaksanakan BKN Regional IV Makassar dengan menhadirkan 76 Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) se-wilayah kerja BKN Regional IV Makassar.

“Terima kasih kepada Kepala BKN Regional IV Makassar, karena sebagai perwakilan BKN Pusat, BKN Regional IV Makassar memilih Kota Palu sebagai tempat pelaksanaan rapat koordinasi kali ini. Saya menjabat sebagai wali kota, baru berjalan tiga tahun. Dalam proses seleksi CASN maupun proses-proses lainnya berkaitan dengan kepegawaian, baru mengetahui dan belajar tentang banyak hal,” ungkap Wali Kota Hadianto.

Satu hal pasti diketahui, kata dia, maju dan berkembangnya daerah itu, sangat bergantung sekali pada sumber daya manusia (SDM), khususnya para ASN.

Menurutnya, ASN merupakan mesin penggerak daripada pembangunan. Olehnya, kata dia, tanpa kehadiran ASN kuat, maka akan membuat kerja-kerja bergerak agak lambat.

“Pertemuan yang dilaksanakan oleh BKN Regional IV Makassar di Kota Palu ini, tentunya menjadi harapan bukan hanya saya, tapi seluruh kepala daerah, agar dapat mengevaluasi aturan-aturan berkaitan dengan seluruh hal yang berhubungan dengan kepegawaian kita. Terutama, menyangkut perform kinerja para ASN, yang pastinya kembali pada proses rekrutmen awal,” katanya.

Ia menyatakan, kebutuhan hari ini dan masa mendatang dalam pembangunan daerah, adalah SDM yang tangguh dan handal. Hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak, mengingat persaingan dari seluruh daerah akan selalu ada, dan itu bergantung dari performa kinerja dari ASN yang ada di daerah.

“Olehnya, sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih, sudah dipilihnya Kota Palu menjadi tempat pelaksanaan kegiatan ini,” kata wali kota.

Ia berharap, rakor tersebut betul-betul menghasilkan evaluasi mantap dan mendorong percepatan peningkatan kapasitas, profesionalitas terhadap seluruh ASN. Agar ASN dimiliki, betul-betul menjadi SDM yang handal, sesuai dengan kebutuhan hari ini.

“Moga-moga selama di Kota Palu, banyak hal yang bisa dinikmati. Apa yang kurang, tolong disampaikan,” tuturnya. HGA