SULTENG RAYA-Wali Kota H. Hadianto Rasyid, SE, menghadiri acara Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Negeri 7 Palu.
Acara dilaksanakan di halaman SMPN 7 Palu jalan Veteran pada Selasa (19/12/2023). Hadir pula Kadisdik Kota Palu, Ketua Kota Palu, Balai POM, Kepsek SMPN 7 Palu, camat, lurah dan sejumlah stakeholder lainnya.
Dikesempatan tersebut, Wali Kota Palu menyampaikan, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada SMP Negeri 7 Palu, yang telah melaksanakan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
Acara ini sebut Wali Kota tidak sekadar sebuah kegiatan, tetapi merupakan suatu upaya bersama untuk mendorong tercapainya profil pelajar pancasila dalam penerapan kurikulum merdeka.
Kurikulum merdeka tidak hanya berbicara tentang materi pelajaran di dalam kelas, tetapi juga mencakup pembentukan karakter, pemahaman nilai-nilai pancasila, dan penanaman semangat demokrasi serta gaya hidup berkelanjutan.
Dimana tema suara demokrasi dan gaya hidup berkelanjutan sebut Wali Kota sangat relevan dengan kondisi zaman saat ini. Di tengah dinamika masyarakat yang semakin kompleks, pemahaman akan nilai-nilai demokrasi menjadi krusial untuk membentuk generasi yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Demokrasi bukan hanya sekadar memberikan suara dalam pemilihan umum, tetapi juga melibatkan diri dalam pengambilan keputusan di tingkat lokal, seperti yang kita lakukan melalui P5 ini,”sebutnya.
Gaya hidup berkelanjutan juga menjadi katanya fokus bersama dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.
Pemahaman akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup perlu ditanamkan sejak dini, dan para pelajar sebagai agen perubahan memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. *ENG