SULTENG RAYA – Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura menitipkan sejumlah harapan kepada Kabupaten Tojo Una-una (Touna) yang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20, Senin (18/12/2023) .

Gubernur Rusdy Mastura mengatakan, Tojo Una-una merupakan kabupaten yang menjadi tujuan pariwisata utama dengan 138 daya tarik wisata yang luar biasa. Tiga lokasi diantaranya menjadi destinasi unggulan penyedot mancanegara yakni destinasi Pulau Papan, Desa Una-una dan Desa Banano.

“Pemasukan dari industri Pariwisata Tojo Una-una cukup signifikan bagi devisa negara, dan juga bagi Sulawesi Tengah yang turut merasakan imbasnya,”jelas Rusdy.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Sulteng saat ini menembus 13,06 persen, sehingga pendapatan asli  juga ikut terdongkrak naik. Dari awalnya, hanya Rp900 miliar per tahun 2021 kini melejit hingga lebih dari Rp1,9 triliun.

“Kita harus mampu mengelola berbagai potensi daerah yang dimiliki secara optimal agar berdampak sebesar-besarnya bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan harus menyentuh seluruh pelosok daerah, baik di kota maupun desa,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Rusdy Mastura mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Tojo Una-una atas berbagai prestasi dan penghargaan yang diraih di bawah kepemimpinan Bupati Mohammad Lahay dan Wakil Bupati Ilham Lawidu.

Diantaranya, sukses sebagai tuan rumah dan juara umum STQH ke-27 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, menerima penghargaan UHC atas kinerja capaian kepesertaan Kesehatan lebih dari 95 persen dan juga pencapaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 11 kali berturut-turut.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Rusdy Mastura menyerahkan bantuan Program Gerak Cepat Pengentasan Berbasis Masyarakat (Gercep Gaskan Berdaya) Provinsi Sulawesi Tengah untuk menurunkan angka kemiskinan melalui penguatan ekonomi bagi rumah tangga miskin.

Pelaksanaan puncak HUT Kabupaten Tojo Una-una dilaksanakan di Lapangan Upacara Ex STQ, Jalan Merdeka Kelurahan Uemalingku, Kecamatan Ratolindo. *WAN