Sejak pagi, tenant “Dapur Buji” yang melapak di iven Bazaar Tukar Tambah by sudah menyiapkan menu-menu sederhana untuk dijajakan kepada pengunjung. Maklum saja, beberapa orang marketing Kalla Toyota sudah wara-wiri memesan menu-menu yang disajikan.

Rahmat Kurniawan / SultengRaya.com

Sound di panggung utama sudah disetel, jejeran mobil baru Toyota all varian sudah di lap bersih, calon customer juga satu per satu mulai datang mengunjungi stand-stand yang disediakan.

Kira-kira, begitulah suasana Sabtu pagi (16/12/2024) di JCC , Jalan Mohammad Yamin, Kota Palu, yang merupakan hari terakhir iven itu.

Ya, dua bulanan terakhir, iven akbar Kalla Toyota di Sulteng memang menonjolkan skema trade in atau tukar tambah mobil bekas ke mobil baru. Alasannya sederhana, untuk mengakomodasi keinginan customer Kalla Toyota yang saat ini sedang ingin mengganti mobil lamanya. Begitu kata Kepala Cabang Kalla Toyota Juanda, Risal Nurdin pada konferensi pers, Kamis (14/12/2023).

Namun lebih dari itu, ada juga misi mulia yang tersirat pada iven itu yakni dengan menyediakan lapak kepada beberapa pelaku usaha lokal di Kota Palu.

“Ya, dari pagi sudah banyak yang beli, teman-teman yang pakai kaos hitam-hitam itu banyak (insan marketing Kalla Toyota). Ini sudah kerepotan juga melayani. Kemarin (Jumat, 15 Desember 2023) juga banyak yang laku,” kata salah seorang pelayan “Dapur Buji”, kepada media ini.

Menurutnya, hajatan bulanan seperti iven yang dilaksanakan Kalla Toyota yang melibatkan pelaku usaha mikro memang menjadi momentum untuk meningkatkan penjualan.

Diakuinya, jika melapak di iven seharian, penjualannya bisa naik signifikan hingga tiga kali lipat. “Yang pasti lebih banyaklah penjualannya dibanding kalau jualan di tempat tetap ya, pasti itu,” katanya.

Sementara itu, Risal Nurdin mengatakan, melibatkan UMKM pada setiap iven Kalla Toyota sudah menjadi komitmen perusahaan. Hal itu sebagai bukti bahwa ada misi sosial yang tersirat di setiap pagelaran iven, perusahaan tak melulu hanya mencari untung.

“Ini adalah bagian dari pemberdayaan, agar pelaku usaha kita juga mendapat benefit dari apa yang kita lakukan,” katanya.

Sementara dari sisi bisnis, Risal mengatakan, bulan lalu di iven serupa, pihaknya cukup sukses membukukan surat pemesanan kendaraan (SPK) yakni sebanyak 60 SPK.

“Kami targetkan juga pada angka itu di JCC ini, dan kami optimis bisa tercapai target itu,” katanya.

Ia mengajak masyarakat Palu dan sekitarnya dapat menukarkan mobil lamanya dengan Toyota terbaru dengan subsidi hingga Rp5 juta. Pada Desember ini Kalla Toyota juga menghadirkan promo DP rendah mulai Rp7 jutaan, spesial rate 1 persen.

Pada iven itu juga, Kalla Toyota menghadirkan layanan cuci mobil gratis, cek rate harga mobil bekas gratis, test drive yang makin memanjakan calon customer. ***