SULTENG RAYA – Indonesia Tbk (PT ) meraih dua Penghargaan Kinerja Pengembangan dan Masyarakat (PPM)/Tambang Menyejahterakan Masyarakat (Tamasya) Award 2023. Penghargaan diterima oleh Direktur External Relations PT Vale Endra Kusuma, pada seremoni yang berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Tamasya Awards memberi penghargaan untuk tiga kategori, yakni Kategori Perencanaan, Kategori Implementasi, dan Kategori Monitoring Evaluasi. Dari ketiga kategori tersebut, PT Vale dinilai layak menerima dua penghargaan untuk kategori perencanaan serta kategori implementasi.

Menteri ESDM, Arifin Tasrif menyampaikan, penghargaan Tamasya yang baru pertama kali dihelat ini diberikan kepada perusahaan tambang mineral dan batubara yang menunjukkan kinerja program PPM berkinerja baik berdasarkan hasil penilaian.

Program PPM itu, kata dia, sesuai panduan Keputusan Menteri ESDM yang terdiri dari beberapa sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga pembangunan infrastruktur penunjang.

“Kami berharap, PPM yang sudah dilakukan dapat terus dilanjutkan dan diperkuat, untuk memberikan manfaat positif pada masyarakat, seperti menunjang kemandirian dan transformasi masyarakat,” katanya dalam sambutannya secara virtual.

Sementara itu, Plt. Dirjen Minerba, Bambang Suswantono berharap, penghargaan itu dapat memberi dorongan positif bagi masyarakat melalui PPM, juga agar perusahaan menjadi role model pada industri minerba di Indonesia.

Mewakili manajemen PT Vale, Endra Kusuma menyampaikan, penghargaan itu adalah yang ketiga diterima Perseroan dari Kementerian ESDM tahun ini. Sebelumnya, Perseroan juga meraih beberapa piala dan sertifikasi Good Mining Practice (GMP) Award, kemudian pada November lalu kami mendapat Subroto Award.

“Kami bersyukur, karena Tamasya Award ini melengkapi pengakuan terhadap seluruh aspek PT Vale. GMP Award adalah penghargaan pada bidang teknis pertambangan dan konservasi, Subroto Award untuk energi baru terbarukan, dan Tamasya Award ini untuk program sosial. Terima kasih kepada Kementerian ESDM untuk kepercayaan yang diberikan bagi PT Vale, “katanya. RHT