SULTENG RAYA – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II menandai peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 dengan berbagai lomba, yakni The Voice Kids LPKA Palu Ceria dan Rangking 1, Sabtu (25/11/2023) siang.

Memastikan kegiatan berjalan dengan lancar, Ida Bagus selaku Pelaksana Harian Kepala mengatakan, momentum perlombaan ini merupakan bentuk kasih sayang guru kepada anak binaan yang memiliki keterbatasan ruang, sehingga para guru-guru atau pengajar serta pegawai LPKA Palu sepakat mengadakan lomba yang pesertanya adalah seluruh anak binaan.

“Kalau biasanya peserta lomba hari guru adalah para guru, namun kali ini LPKA Palu bersama PKBM Mulia Kasih dan Nakua Fighting Club mengadakan lomba khusus untuk anak binaan karena kami ingin sepenuhnya memberikan tambahan kebahagiaan kepada mereka melalui perlombaan ini,” ucap Ida Bagus.

Ia berharap, untuk seluruh anak binaan dapat mengikuti perlombaan ini dengan sportif, serta dapat memaknai HGN 2023 dengan sebaik-baiknya. “Semangat untuk anak-anakku sekalian, tunjukan bakat kalian, tingkatkan sportifitas guna sukseskan HGN 2023,” harapnya.

Bertempat di Aula Serbaguna, kegiatan ini dilaksanakan tepat setelah acara pembukaan peringatan Hari Guru Nasional. Adapun peserta lomba ini adalah seluruh anak binaan LPKA Palu dan yang bertindak menjadi juri, yakni Kepala Seksi Registrasi, Yeffri Haryanto Balili, Ketua Nakua Fighting Club, Ito Lawputra dan Guru PKBM Mulia Kasih, Andre.

Untuk kategori lomba The Voice Kids LPKA Palu Ceria diikuti oleh masing-masing perwakilan kamar yang membawakan lagu ungkapan perasaan mereka kepada guru dan juga kepada keluarga. Sedangkan, untuk lomba Rangking 1 diikuti oleh seluruh anak binaan yang berjumlah 21 orang. Adapun materi pada soal Rangking 1 tentang Pengetahuan Umum, Keagamaan, Daerah Sulawesi Tengah, serta Soal Bonus.

“Luar biasa semangat anak-anak binaan LPKA Palu, bangga dapat menyaksikan dan turut serta dalam kegiatan hari ini, jujur kaget saat mendengar suara-suara merdu mereka,” kata Ito salah satu juri The Voice Kids LPKA Palu Ceria.

Berlangsung dengan Sportif dan ceria. Terlihat dari antusiasme para anak binaan saat mengikuti perlombaan. Salah seorang anak binaan mengungkapkan saat mengikuti perlombaan ranking 1, ia termotivasi untuk menjadi juara, terutama dalam menjawab soal-soal yang dibacakan, membuat pikirannya menjadi terasah kembali.

Perlombaan ini berlangsung sangat meriah. Untuk pemenang lomba The Voice Kids LPKA Palu Ceria adalah Kamar 2 Gundala yang diwakili oleh anak binaan AF. Sedangkan, untuk lomba Rangking 1 yang berlangsung secara sengit, akhirnya juga dimenangkan anak AF. Menjadi sang juara di kedua lomba HGN 2023, AF merasa sangat bersyukur karena bisa menampilkan yang terbaik.

“Pertama saya ucapkan terima kasih bapak/ibu guru, dan seluruh petugas di LPKA Palu, Alhamdulillah saya bisa memberikan yang terbaik, kemenangan ini saya perasembahkan untuk orang tua saya dan para guru di Indonesia. Semoga kemenangan ini juga dapat memotivasi seluruh teman-teman yang saat ini menjalani pembinaan di LPKA Palu,” ujar AF.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian piagam penghargaan kepada sang pemenang dan LPKA Palu kembali menegaskan diri bahwa bukan hanya memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul, namun anak binaannya juga berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan serta siap untuk bersaing dengan anak-anak hebat lainnya. */YAT