SULTENG RAYA – Bupati Morowali Utara (Morut), Delis Julkarson Hehi menjadi inspektur upacara (irup) pada Pembukaan TNI Masuk Membangun Desa (TMMD) Kodim 1311/Morowali Wilayah Kabupaten Morowali Utara tahun 2023 di Desa Ulula'a Kecamatan Petasia Barat, Senin (4/12/2023).

Upacara ini dipimpin oleh Danramil 1311-03 Petasia Kapt. Inf. Amrul dan diikuti oleh para Pasukan yang terdiri dari TNI, Satpol PP dan Linmas. Upacara dibuka dengan pemeriksaan pasukan, pembacaan singkat TMMD  Kodim 1311/Morowali, penandatanganan dan penyerahan naskah pekerjaan TMMD  Kodim 1311/Morowali, penyerahan secara simbolis “Alat Kerja” dan dilanjutkan dengan amanat inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Bupati Delis mengatakan bahwa pelaksanaan TMMD Kodim 1311/Morowali ini merupakan sebuah perwujudan dari sinergitas lintas sektor yang dilakukan antara TNI dengan Pemerintah Daerah dan juga bentuk kemanunggalan antara TNI bersama dengan rakyat.

Bupati Delis mengatakan bahwa TNI selalu menjadi solusi atas persoalan-persoalan yang dihadapi oleh rakyat dan juga menjadi garda terdepat untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di tengah masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya untuk sumbangsih yang diberikan oleh jajaran Kodim 1311/Morowali  yang terus menjadi mitra strategis Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Morowali Utara dan juga dalam penciptaan situasi yang kondusif sehingga pembangunan di Kabupaten Morowali Utara boleh berjalan dengan baik,”ujarnya.

Pelaksanaan TMMD ini terdiri dari berbagai pekerjaan fisik yang telah dilaksanakan oleh para personil TNI seperti pengerasan jalan sepanjang 4.227 Meter dengan lebar 3 Meter yang menghubungkan Desa Togomulya dengan Desa Ulula'a, pembangunan gorong-gorong sebanyak 6 titik dan pembangunan 2 jembatan kayu dengan panjang 5 Meter dan lebar 6 Meter.

Oleh karena itu, Bupati Delis berkomitmen berbagai pekerjaan fisik yang dilakukan oleh TNI ini tidak akan berhenti sampai disini, namun akan lebih ditingkatkan lagi terkait status jalan yang menghubungkan Desa Togomulya dengan Desa Ulula'a sehingga efektivitas antarwilayah yang tengah menjadi prioritas Pemda ini dapat terealisasi.

“Setelah akses jalan, tahun depan pembangunan jaringan listrik akan kami lakukan. Kami minta Pak Kades untuk secepatnya membuat surat, saya akan bawa langsung ke PLN dan mudah-mudahan respon mereka cepat sehingga tahun depan jaringan listrik sudah bisa kita masukkan di Desa Ulula'a ini”, ucap Bupati disambut tepuk tangan masyarakat desa yang hadir.

Di akhir amanatnya Bupati mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antara Dinas PUPR, Dinas PMD, jajaran pemerintah kecamatan sampai dengan pemerintah desa serta dukungan seluruh masyarakat sehingga pelaksanaan pekerjaan ini dapat terwujud.

“Semoga kerja sama dan sinergitas lintas sektor dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat akan terus kita pelihara dan terus kita lanjutkan sehingga dapat bermanfaat sebesar- besarnya untuk kepentingan masyarakat dan daerah yang kita cintai”, ujarnya.

Bupati Delis berencana mengusulkan agar pelaksanaan TMMD tahun depan dapat dilaksanakan di Kecamatan Bungku Utara atau Mamosalato. VAN