SULTENG RAYA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota kini menyediakan layanan dapat diakses semua kalangan masyarakat.

“Selain memiliki stok buku-buku bacaan secara fisik, Disperpusip juga menyediakan buku-buku atau bahan bacaan secara digital yang dapat diakses oleh masyarakat, dengan varian bahan baca yang bervariatif,” kata Kepala Disperpusip Kota Palu, Syamsul Saifudin, Selasa (5/12/2023).

Tujuan dari adanya , kata dia, untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, serta memudahkan akses masyarakat membaca dan mencari informasi dimana saja dan kapan saja.

“Sejauh ini, literasi digital perpustakaan Kota Palu meliputi kecakapan pemustaka dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan dan lainnya. Layanan digital dapat dinikmati atau diakses melalui Pojok Baca Digital (Pocadi) atau website dkp.palukota.go.id,” jelasnya.

POCADI DIPINDAH KE KANTOR DISPERPUSIP

Pada kesempatan itu, Kadis Syamsul mengatakan, saat ini Pocadi, sebelumnya tersedia di Gedung Baruga Vatulemo, kini Pocadi dapat diakses dengan mendatangi Kantor Disperpusip Kota Palu, Jalan Soekarno Hatta.

“Karena proses  pembangunan kembali di Lapangan Vatulemo, saat ini Pocadi dipindah ke Kantor Diperpusip,” katanya.

Ia berharap, kehadiran layanan digital maupun literasi digital untuk mengakses, mengevaluasi dan memanfaatkan informasi dengan bijak, masyarakat dapat memilah informasi yang akurat, valid dan bermanfaat dari berbagai sumber.

“Semoga layanan digital ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat,” tuturnya. ULU