SULTENG RAYA – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, Pemda Morut memberikan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa kepada para kelompok/individu yang memiliki usaha .

Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pemanfaatan BKK yang diberikan kepada para pelaku UMKM ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Pelatihan Wirausaha Muda Berbasis Potensi Desa bertempat di Gedung Pesparawi Beteleme, Kamis (30/11/2023).

Bupati Morut,  Delis Julkarson Hehi yang berkesempatan menjadi narasumber pada kegiatan tersebut, berpesan kepada 332 pelaku UMKM yang hadir dari Kecamatan Lembo dan Lembo Raya agar dapat memanfaatkan pelatihan ini dengan baik, sehingga berbagai ilmu yang disampaikan oleh para Pemateri dapat diterapkan untuk mengembangkan UMKM yang dimiliki.

Dalam materinya, Bupati Delis memberikan berbagai motivasi kepada paserta agar memiliki mental dan sikap sebagai seorang pengusaha. Delis juga mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat bagi seseorang untuk memulai sebuah usaha.

“Memiliki keyakinan bahwa kita pasti bisa menjadi seorang pengusaha serta mampu melihat masalah sebagai peluang usaha itulah mindset seorang pengusaha,” ujarnya.

Delis menceritakan berbagai kisah para pengusaha sukses yang dulunya merintis usaha mulai dari usaha kecil, namun saat ini telah berkembang menjadi pengusaha besar bahkan beberapa menjadi orang terkaya di Indonesia bahkan di dunia.

“Kembangkanlah usaha Bapak/Ibu sebaik-baiknya, tidak ada yang mustahil jika kita serius untuk berusaha, Pemerintah Daerah hanya menyediakan fasilitas, namun keberhasilan dan berkembangnya usaha tergantung cara Bapak/Ibu mengelola usaha yang dimiliki”, ucapnya.

Setelah memberikan Materi, Bupati Delis secara simbolis menyerahkan Sertifikat Pelatihan kepada perwakilan  peserta. *VAN