SULTENG RAYA – Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parmout) menggelar peringatan Hari Bakti PU ke- 78 tahun 2023 di Desa Tandaigi, Kecamatan Siniu, Ahad (3/12/2023).

Parmout, Richard Arnaldo yang hadir pada kegiatan tersebut menyerahkan bingkisan kepada 11 keluarga , mesin pemotong rumput untuk kelompok tani serta kipas angin untuk operasional Puskesmas Siniu.

Dalam sambutannya, Richard Arnaldo mengatakan, bakti sosial berperan penting dalam mendukung program penanganan stunting. Mengingat stunting adalah masalah gizi kronis yang umumnya terjadi pada anak-anak dan berdampak buruk pada partumbuhan fisik dan pekembanggan kognitif mereka.

“Dengan melibatkan bakti sosial dalam penanganan stunting  akan memberikan dampak positif yang signifikan pada kesehatan dan pertumbuhan anak-anak, khususnya di komunitas yang rentan. Maka dari itu, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah, organisasi nirlaba, dan masyarakat sebagai kunci dalam upaya Pengendalian stunting,” ujarnya.

Richard juga mengatakan, peningkatan sarana dan prasarana penunjang ekonomi juga harus memiliki peran penting dalam membantu pengentasan .

Dengan sarana dan prasarana yang memadai, dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta menunjang ekonomi, pemerintah dan lembaga terkait, sehingga terciptanya lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif, yang pada gilirannya dapat membantu mengentaskan kemiskinan.

“Di masa yang akan datang, Dinas PUPR terus meningkatkan etos kerja, menciptakan suasana kerja yang kondusif, memelihara hubungan kerja yang harmonis secara vertikal dan horizontal, membangun sarana prasarana penunjang, peningkatan pelayanan, dan mendorong semangat kerjasama serta kaloborasi diantara semua pihak dapat berjalan dengan baik. Hal ini penting dilaksanakan dalam rangka penurunan angka stunting dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju Kabupaten Parigi Moutong terdepan di Sulawesi Tengah,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Richard mengatakan, setelah dilantik oleh Gubernur pada 12 Oktober 2023, ada empat tugas utama yang harus dilaksanakannya yakni, menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan legislatif, presiden, gubernur dan bupati tahun 2024.

Tugas selanjutnya adalah penanganan stunting. Khusus di Desa Tandaigi menurut Kepala Dinas Kesehatan terjadi penurunan angka stunting dari 17 kasus menjadi 11 kasus.

Tugas berikutnya adalah pengendalian inflasi. Saat ini kata Richard, Kabupaten Parmout mendapat penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam penangangan inflasi.

Tugas terakhir sebagai Pj Bupati lanjut Richard adalah penurunan kemiskinan ekstrim di wilayah Kabupaten Parmout.

“Saya mohon dukungan dan peran serta masyarakat agar keempat tugas tersebut dapat terlaksana dengan baik hingga akhir masa jabatan saya sebagai Pj Bupati Parigi Moutong,”pungkasnya. */AJI