SULTENG RAYA – Puluhan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Untad bersama dengan beberapa komunitas pencinta lingkungan melakukan aksi pungut sampah di sekitaran Pantai Teluk , Sabtu (2/12/2023).

Melalui aksi tersebut, para mahasiswa berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 70 kantong sampah didominasi sampah plastik dengan berat 382,4 Kg.

Ketua Panitia Aksi Bersih Pantai, Isnawaty, mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan pantai di Teluk Palu.

Ia berharap, aksi bersih pantai tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dampak polusi sampah plastik terhadap lingkungan laut.

Harapannya, masyarakat menjadi sadar menjaga kebersihan lingkungan pantai dengan tidak membuang sampah sembarang, sehingga kelestarian lingkungan laut tetap terjaga.

“Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, ini merupakan aksi nyata kami dalam menjaga lingkungan dari ancaman polusi sampah plastik yang sangat buruk bagi kelestarian lingkungan. Pada aksi ini juga Alhamdulillah ada masyarakat sekitar yang tergerak untuk melakukan aksi ini,” katanya kepada Sulteng Raya.

Senada, Humas Mahasiswa Kesmas Untad, Intje Prita Miranda, menjelaskan, kegiatan itu sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

“Dengan melakukan aksi bersih pantai dapat menunjukkan bakti mahasiswa kepada masyarakat di pantai wilayah Kelurahan Lere dan sekitarnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkunga Hidup (DLH) Kota Palu, Muh Arif Lamakarate, menyampaikan apresiasi terhadap aksi bersih pantai oleh mahasiswa Kesmas Untad,

“Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Untad patut diberi apresiasi, sembari berharap akan muncul lagi mahasiswa-mahasiswa lain yang peduli terhadap lingkungan. Kegiatan yang dilakukan adik-adik mahasiswa adalah bentuk dari kerja nyata peduli lingkungan. Dalam hal ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi,” kata Kadis Muh Arif.

Turur hadir pihak TNI angkatan laut, dosen Untad dan stakeholder lainnya.HGA/JAN