SULTENG RAYA – Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar sosialiasi cerdas bermedia sosial dalam menghadapi , di Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Tadulako (Untad), Kamis (30/11/2023).

Kepala Diskominfosantik, Sudaryano R Lamangkona, mengajak semua pihak, terutama remaja, agar bijak dan cerdas menggunakan sosial media, apalagi dalam menghadapi Pemilu.

“Remaja, harus bijak dan cerdas menggunakan sosial media terutama dalam menghadapi Pemilu tahun 2024, seperti paham tentang berita hoax dan menyebarkan konten yang beredukasi, karena remaja juga memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini,” katanya.

Mengapa hal tersebut sangat penting, pasalnya sosial media merupakan pengetahuan, serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media , seperti alat komunikasi dan lain sebagainya.

Bahkan, sosial media memiliki tujuan diantaranya untuk berbagi informasi atau bisnis dengan orang lain, membuat koneksi dengan orang yang memiliki minat sama, membantu orang dalam menemukan bisnis lokal dan sumber daya lainnya.

Lebih jauh, literasi digital juga memiliki manfaat, seperti meningkatkan kemampuan individu, menambah penguasaan kosakata individu, meningkatkan kemampuan verbal individu, serta menambah kemampuan individu dalam membaca.

Sehingga, pihaknya berharap agar remaja tetap menggunakan sosial media dengan bijak, menghormati sesama orang lain di media sosial dan juga tetap menjaga privasi.ULU