SULTENG RAYA – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka membuka secara resmi Camping Day Pramuka Siaga PAUD/TK-SD yang dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong Luwuk, Kabupaten Banggai, Ahad (26/11/2023).

Dalam sambutannya Bupati Banggai yang juga selaku Majelis Pembimbing Cabang (Mubicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Banggai sangat mengapresiasi kepada pengurus Kwarcab Kabupaten Banggai karena kegiatan ini sangat membantu kita semua utamanya para orang-tua, agar anak-anaknya mulai dari usia dini dibiasakan untuk . Ini merupakan satu langkah baik, karena bila di rumah mereka biasa dimanja, tapi di Pramuka mereka bisa mandiri.

“Kegiatan PAUD dan SD adalah kegiatan yang menyenangkan yang sudah kita canangkan bersama, dan ini adalah bagian yang telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kwarcab Kabupaten Banggai,” kata Bupati.

Olehnya itu kata Bupati, ucapan terima kasih kepada para orang-tua yang telah melibatkan anak-anaknya untuk kegiatan ini, dan berharap agar kegiatan Camping Day yang dilakukan ini adalah kegiatan yang benar-benar menyenangkan buat anak-anak. “Saya berpesan, agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan minimal dua kali dalam setahun. Bila tahun ini orang tua wajib mendampingi, Insya Allah tahun depan ketika kita melaksanakan kegiatan pramuka, saya akan melarang orang tua untuk ikut bersama anak-anaknya,” ujarnya.

Ia berharap, anak-anak bisa senang bermain, bercanda-gurau dengan teman-teman yang lain, sehingga arti pramuka sejak dini sudah kita tanamkan kepada anak-anak kita. Oleh sebab itu, kegiatan ini benar-benar diisi dengan kegiatan-kegiatan yang memberikan motivasi, sehingga mereka senang untuk bersekolah, senang bermain dan berkumpul bersama dengan teman-teman yang lain.

Sementara, Wakil Bupati (Wabup) Banggai H. Furqanuddin Masulili mengatakan, kegiatan seperti ini akan dikenang selama-lamanya oleh anak-anak kita. Karena kegiatan ini sangat positif yang mempunyai nilai moral dalam rangka merubah karakter anak, dan akan memberikan ruang kepada anak-anak untuk berkomunikasi secara langsung, berinteraksi antar sesama mereka, sehingga mereka akan mendapati suasana kehidupan di mana terjalin harmonisasi antar sesama.

“Kegiatan ini adalah salah-satu langkah maju bagi kita dalam rangka memberikan suasana batin sehingga akan memunculkan keharmonisan kembali antar sesama anak, sehingga karakter menyayangi antar sesama akan tumbuh berkembang dan akan mendapatkan ahlak dan karakter yang baik di masa mendatang yang sangat dibutuhkan negeri ini dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan globalisasi,” terang Wabup.

Diketahui, kegiatan Camping Day Prasiaga PAUD/TK-SD yang mengusung tema, Membangun Karakteristik Anak Menuju Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan, Bergerak Bersama Untuk Anak-Anak Bangsa, diikuti oleh anak-anak PAUD dan SD Kelas 1 dan 2 Kecamatan Luwuk, Kecamatan Luwuk Selatan, Kecamatan Luwuk Utara, dan Kecamatan Nambo sebanyak 1.112 orang dan Guru Bina Damping sebanyak 346 orang. Kegiatan itu, sehari penuh diisi dengan materi-materi pengenalan tentang dasar-dasar kepramukaan, cikal-bakal pramuka, kesehatan, kejaksaan dan kepolisian.*/MAN