SULTENG RAYA-SMA Muhammadiyah 1 , memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November 2023 dan Milad Muhammadiyah ke 111, 18 November 2023 dengan berbagai rangkaian lomba, diikuti oleh peserta didik tingkat SMP dan MTs se Kota Palu, selama dua hari, dari Hari Rabu dan Kamis, 22-23 November 2023.

Terdapat empat cabang yang diperlombakan, masing-masing Puisi, Pidato, Karaoke Lagu kebangsaan dan Fashion Show.

Plt. Kepala SMA Muhammadiyah Palu, Dr. Moh Rizal Masdul, S.Pdi., M.Pd mengatakan, tujuan kegiatan tersebut selain untuk mempererat tali silaturahmi antar sekolah, juga memperkenalkan SMA Muhammadiyah 1 Palu lebih dekat kepada peserta didik tingkat SMP dan MTs se Kota Palu dalam rangka penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2024.

Untuk itu, para pemenang lomba selain mendapatkan piala, sertifikat, dan bonus uang tunai, juga diberi tiket masuk melanjutkan pendidikan ke sekolah ini secara gratis hingga lulus sekolah. Bahkan, rekan-rekan satu sekolahnya yang juga berkeinginan melanjutkan pendidikan di sekolah yang beralamat di Jalan Soeprapto No.69, Besusu Tengah, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu itu terbuka secara gratis.

“Pemenang lomba juara 1, 2, 3, dan 4 di setiap cabang lomba, gratis jika melanjutkan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Palu sampai lulus, bahkan jika rekan-rekan satu sekolahnya juga berkeinginan melanjutkan pendidikan di sekolah ini juga akan digratiskan sampai selesai, dengan ketentuan memperlihatkan foto Copy sertifikat lomba,”jelas Rizal, Kamis (23/11/2023).

Kebijakan tersebut dikeluarkan oleh sekolah ini sebagai bentuk apresiasi kepada peserta lomba yang sudah berkenan mengikuti kompetisi yang diadakan SMA Muhammadiyah 1 Palu. “Mereka sudah berusaha hadir dan tampil secara maksimal, maka sebagai bentuk apresiasi tentu kami juga memberikan yang terbaik kepada mereka, dalam bentuk sekolah gratis di sekolah ini, meskipun sekolah kami ini adalah sekolah swasta,”sebutnya.

Pendidikan gratis tersebut, tidak hanya berlaku kepada para juara lomba, namun juga kouta pendidikan gratis itu dibuka untuk calon peserta didik prasejahtera dan yatim piatu, dibuktikan dengan surat keterangan dari pemerintah setempat. “Adik-adik kita yang prasejahtera dan yatim piatu juga kami terima di sekolah ini, dan itu digratiskan sepanjang mampu memperlihatkan surat keterangan tidak mampu dari Lurah atau Kepala Desa,”ujarnya.

Sekolah yang mengantongi Akreditasi A ini dilengkapi dengan Laboratorium Komputer tidak hanya mendukung pendidikan dari sisi akademik peserta didik, namun juga membuka ruang-ruang pengembangan minat dan bakat peserta didik, seperti olahraga dan sebagainya ditandai dengan fasilitas yang memadai.

Adapun pemenang lomba masing-masing pada cabang Puisi, Juara 1 atas nama Anisa Putri, juara 2 atas nama Titania, juara 3 atas nama Nadine Anggaraini, dan juara 4 atas nama Cahaya Amelia.

Cabang Pidato, Juara 1 atas nama Rifca Septia, juara 2 atas nama Aufa Ruhyana, juara 3 atas nama Daniel Wardani, dan juara 4 atas nama Munira. Cabang Fashion Show, juara 1 atas nama Imanuel Selolembang, juara 2 atas nama Winda, juara 3 atas nama Av Rukiah, dan juara 4 atas nama Utami. Cabang  Karaoke , juara 1 atas nama Ferlys Callista dan Muhammad Alfarizki, juara 2 atas nama Gloria Ursula Kasih, juara 3 atas nama Munifa dan Sigit, dan juara 4 atas nama Afifah dan Gilang. ENG