SULTENG RAYA – Kepala Bappeda Kabupaten Banggai, Ramli Tongko memimpin rapat monitoring implementasi Rencana Aksi Daerah (RAD) Open Government Partnership Local (OGP Local) Banggai, Jumat (17/11/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI (Kementrian PPN/Bappenas) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Banggai, digelar di ruang rapat Pahangkabotan Bappeda Banggai.

OGP Local itu, merupakan inisiatif delapan negara yang bertujuan untuk mewujudkan pemerintah negara dan pemerintah lokal atau daerah yang mendukung pemerintahan yang terbuka, masyarakat, pemberantasan korupsi dan pemanfaatan teknologi dalam penguatan pemerintahan.
Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Banggai mengatakan selamat datang kepada Tim Bappenas RI dan Tim Open Government Indonesia (OGI), semoga kegiatan ini berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan. “Kabupaten Banggai yang terpilih sebagai bagian dari OGP Local telah mengumpulkan empat rencana aksi daerah yang telah dikembangkan dari program unggulan yang ada,” kata Ramli.

Keempat rencana aksi tersebut lanjutnya yaitu, pemanfaatan halaman secara partisipatif dan inklusif melalui sistem terpadu (inovasi program Satu Juta Satu Pekarangan), aplikasi online untuk mencapai standar pelayanan minimal ibu hamil (inovasi Ambulance Dering Ibu Hamil), satu data Banggai dan pengelolaan sampah berbasis masyarakat-3R. “Dari keempat inovasi yang diikutkan dalam lomba OGP Tingkat Asia Pasific tahun 2022, salah satu program inovasi Banggai yang berhasil mendapatkan OGP Accelerator Award yaitu inovasi ambulance dering ibu hamil,” terangnya.
Menurutnya, capaian itu tentunya hasil usaha bersama saling berkoordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan daerah dalam mendorong implementasi dan praktik keterbukaan pemerintah dalam peningkatan pelayanan publik.

Selanjutnya, Ramli Tongko memaparkan Implementasi rencana aksi daerah OGP Local Kabupaten Banggai tahun 2021-2023 yang berisi komitmen RAN OGP Banggai tahun 2022-2024.
Sementara, fungsional perencana madya sekretariat isu strategis Bidang Polhukam Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Rangga Jantan Warga menyampaikan, tanggal 22-24 November 2023 Kementrian PPN/Bappenas, Kemendagri dan UCLG-ASPAC akan mengundang Pemkab Banggai dalam teknis mengembangkan kerjasama luar negeri bagi pemerintah daerah. */MAN