RAYA – Bupati Mohamad Irwan berhasil menyelesaikan Kursus Pemantapan Pemerintah Daerah (KPPD) Angkatan I yang berlangsung di National University of Singapore, Lee Kuan Yew School Public Policy dan Lemhannas RI, Jumat (17/11/2023).

Sebagai tanda selesainya Kursus, Mohamad Irwan menerima sertifikat yang diserahkan langsung oleh Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah di Ruang Konstitusi Gedung Tri Gatra Lemhannas RI.

Tujuannya kursus tersebut yakni untuk semakin memantapkan knowledge para Pimpinan Daerah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Melalui kursus ini pula, para Pimpinan Daerah dapat membuat best practice dan mengaplikasikan ilmu yang di dapat baik selama di Singapura maupun di Lemhannas RI.

Harapannya, para Pimpinan Daerah dapat semakin terukur dan sistematis serta lebih mendalam menjalankan tata kelola Pemerintahan Daerah, strategi pembangunan, manajemen sumber daya manusia, geopolitik, hijau, dan berbagai aspek penting lainnya.

Dalam sambutannya, Plt. Gubernur Lemhannas RI Laksdya TNI Maman Firmansyah sangat mengapresiasi seluruh peserta KPPD Angkatan I atas dedikasi dan semangat dalam mengikuti program pendidikan ini.

“Ini tentu menjadi sebuah kebanggan tersendiri para Pimpinan Daerah menjadi peserta di angkatan I yang tentu tidak mudah melewati seleksi ketat dari Kemendagri RI,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan peran pemimpin daerah yang berkualitas dalam memajukan pemerintahan daerah dan melayani masyarakat dengan baik dan berharap dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin daerah.

Penutupan KPPD Angkatan I ini dihadiri juga oleh perwakilan Kemendagri RI, Perwakilan Low Tuck Kwong Foundation dan Perwakilan National University of Singapore.

Diketahui Program KPPD merupakan kolaborasi antara Lee Kuan Yew School of Public Policy – National University of Singapore, Lemhanas RI dan Purnomo Yusgiantoro Centre dengan dukungan penuh dari Low Tuck Kwong Foundation, yang akan dilaksanakan setiap tahun sekali.

Program berlangsung pada 30 Oktober 2023 – 10 November 2023 di Singapura, dan kemudian akan dilanjutkan di Lemhanas pada 13 – 17 November 2023. Peserta yang ikut dalam program KPPD merupakan hasil seleksi ketat dari Kemendagri. Untuk Angkatan 1 Tahun 2023, KPPD diikuti oleh 17 (tujuh belas) kepala daerah dari seluruh Indonesia dan 1 (satu) orang Ketua DPRD.

Dalam kursus tersebut, peserta mendapatkan berbagai materi yang akan membantu kepala daerah dalam membuat kebijakan yang efektif. Di antaranya adalah update situasi geopolitik dan dampaknya terhadap kawasan, pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh Singapura, tantangan manajemen publik, perekonomian dan kebijakan ekonomi Indonesia, wawasan kebangsaan, dan lain-lain.FRY