RAYA-Sebanyak 689 peserta didik tingkat SD di Kota telah mengikuti Manasik yang dilaksanakan oleh PGRI Cabang Palu Timur di Lapangan SDN Madani, Sabtu (18/11/2023), dalam rangka menyambut HUT PGRI dan HGN Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus Ketua PGRI Kota Palu, Hardi. Dalam sambutannya memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut sebagai bagian dari profil pelajar pancasila,  yang tidak hanya mencakup aspek agama tetapi juga nasionalisme. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus digalakkan di sekolah-sekolah sebagai bentuk pembinaan karakter dan cinta tanah air.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya, dan diharapkan dapat berlanjut di masa mendatang,”harap Kadis.

Sepanjang manasik Haji tampak peserta didik SD dari berbagai sekolah di wilayah Palu Timur menegikuti dengan penuh semangat dan kekompakan. Rangkaian acara mencakup simulasi tahapan haji, mulai dari pemakaian ihram, tawaf, sai, hingga wukuf di Arafah.

Para peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang makna dan prosesi haji, memberikan pengalaman unik yang dapat memperkaya pengetahuan mereka tentang agama Islam.

“Kegiatan Manasik Haji ini adalah upaya untuk memperkuat pemahaman -nilai keagamaan dan kebangsaan di kalangan generasi muda. Kami berharap acara ini dapat menjadi langkah awal menuju pembentukan karakter yang berkualitas,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga mendapat bimbingan dari salah satu travel umrah dan haji di Kota Palu.

Para orangtua siswa yang hadir turut memberikan apresiasi atas kegiatan ini, menganggapnya sebagai langkah positif dalam memberikan pengalaman keagamaan pada anak-anak mereka. Beberapa orangtua juga menyatakan harapannya agar kegiatan semacam ini dapat menjadi agenda rutin di sekolah-sekolah, sehingga generasi muda dapat tumbuh dengan pemahaman agama yang kuat. ENG