SULTENG RAYA – Ajang pertandingan sepak bola bertaraf internasional FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 secara resmi telah dibuka Presiden RI, Joko Widodo di Gelora Stadion Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023).

Upacara pembukaan berlangsung meriah tersebut dilanjutkan dengan laga pertama Indonesia melawan Ekuador.

PT Indonesia (Persero) Tbk., (Telkom) sebagai penyedia infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk gelaran FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 turut memastikan kualitas dan trafik jaringan telekomunikasi selama rangkaian pertandingan berlangsung hingga awal Desember mendatang. Tidak terkecuali kualitas jaringan telekomunikasi pada momen pembukaan dan pertandingan pembuka yang disaksikan langsung oleh puluhan ribu penonton.

Sebelum pembukaan dilaksanakan, Direktur Jenderal dan Komunikasi Publik Kementerian Informasi dan Telekomunikasi, Usman Kansong, menyambangi Media Center FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023, merupakan kerja sama Kominfo dengan Telkom sebagai penyedia jaringan telekomunikasi.

Pada kesempatan itu, Usman Kansong mengapresiasi keandalan TelkomGroup dalam menyediakan infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk ajang internasional, terutama jaringan .

Menurutnya, jaringan telekomunikasi merupakan hal penting dan harus dipastikan kualitas primanya, karena banyak orang mengandalkan jaringan internet, baik mengakses pertandingan, maupun memproduksi berita hingga menayangkannya, sehingga dibutuhkan jaringan internet dan telekomunikasi bagus, yang mana telah disediakan oleh Telkom.

“Saya kira Telkom yang dalam menyediakan jaringan telekomunikasi untuk event internasional, sangat apresiatif untuk Telkom,” kata Usman.

Sementara itu, Direktur Network & IT Service Telkom, Herlan Wijanarko, memastikan, kualitas dan kesiapan dari jaringan dan layanan telekomunikasi yang Telkom sediakan di area Stadion Gelora Bung Tomo serta area pendukung.

“Telkom memastikan seluruh dukungan jaringan infrastruktur telekomunikasi sudah ready 100 persen. Dipastikan kualitas jaringannya mumpuni dengan kapasitas optimal untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung yang hadir pada pembukaan dan pertandingan pertama hari ini. Kita juga sediakan BTS dan combat di area stadion dan sekitarnya untuk memastikan terpenuhinya trafik telekomunikasi para pengunjung,” ujar Herlan.

Guna mendukung kesuksesan ajang sepakbola tingkat dunia itu, TelkomGroup menyediakan serangkaian dukungan infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh stadion utama, serta area pendukung, berupa Astinet, fixed maupun mobile broadband, termasuk access point.

“Demi memastikan keamanan dari gangguan siber, TelkomGroup juga menyediakan cyber security selama perhelatan berlangsung,” katanya.

Tak hanya pemenuhan konektivitas di lokasi stadion, kata dia, Telkom memastikan kualitas jaringan telekomunikasi yang mumpuni di media center guna mendukung kelancaran penyebaran informasi para awak media.

“Awak media ini penting karena mereka yang akan broadcast informasi. Media center kita siapkan khusus dan bandwith-nya kita jamin semua bisa informasi dengan lancar, mudah dan baik,” tukas Herlan./*HJ