RAYA  –  Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong () menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Percepatan Penurunan di auditorium Kantor Bupati Parmout, Selasa (24/10/2023).

Rakor yang difasilitasi oleh Dinas P2KB tersebut dibuka oleh Parmout, Richard Arnaldo Djanggola.

Dalam sambutan Pj Bupati Richard Arnaldo mengapresiasi langkah-langkah dan kerjasama antar Dinas terkait  dengan tim penanganan stunting sehingga telah menunjukkan terjadinya penurunan signifikan angka stunting di Kabupaten Parmout.

“Kita patut berbangga dan bersyukur bahwa berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong prevelensi kasus stunting mengalami penurunan dari 31,77 persen pada tahun 2021 menjadi 27,04 persen pada tahun 2022. Semua ini berkat komitmen dan kerja keras kita bersama dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Parigi Moutong. Artinya angka kejadian stunting di Kabupaten Parigi Moutong terjadi penurunan yang cukup signifikan,” ujar Richard Arnaldo.

Richard juga mengingatkan semua Kepala OPD, para Camat dan seluruh stakeholder yang tergabung dalam Tim Percepatan Pencegahan Stunting untuk melakukan rencana aksi yang telah ditetapkan sesuai peran, tugas dan fungsi masing-masing dengan melakukan sinergitas dan kolaborasi serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang diemban, sehingga diharapkan terjadi penurunan angka stunting yang signifikan pada tahun 2024.

“Manfaatkan sumber anggaran yang ada sesuai peraturan dan perundangan yang telah ditetapkan melalui perencanaan yang benar sesuai kebutuhan dan dilaksanakan dengan monitoring dan evaluasi yang baik agar memberikan manfaat sebesar besarnya bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong,”harapnya.

Untuk diketahui, stunting merupakan salah satu masalah gizi yang sedang dihadapi Indonesia. Berdasarkan data WHO 150,8 juta balita atau 22,5 persen bailta dunia mengalami stunting. Indonesia adalah negara penyumbang angka balita stunting terbesar kelima atau 30,8 persen anak Indonesia mengalami stunting menurut data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018.

Turut pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah, Zulfinasran, SSTP, MAP, pejabat Forkopimda, Kepala OPD, Ketua Tim Penggerak PKK, Camat, Kepala Puskesmas dan Ketua Darma Wanita Kabupaten Parmout. */AJI