RAYA –  Komisi Pemilihan Umum () Kota mengajak partai politik agar memiliki konsekuensi menyampaikan kabar positif kepada jajaran pengurus, pendukung dan simpatisan, bahwa siap berkompetisi secara sehat di Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

“Mohon teman-teman juga dengan tenggang waktu ini menyiapkan diri dengan konsekuensi, sampaikan kabar positif di sana. Mohon disampaikan ke konsituen, karena yang kita pilih ini adalah orang Palu juga, tidak ada orang lain. Ayo kita berkompetisi dengan sehat,” imbau Ketua , Idrus, saat mendampingi Kapolres Palu, dalam kunjungan silaturahmi, di Kantor DPC PKB , Selasa (24/10/2023).

Selain itu, Idrus juga menyampaikan, jika PKB melakukan pengumpulan calon legislatif atau konsituen, kiranya menyampaikan bahwa ada waktu tahapan pindah memilih yang disiapkan KPU, sampai tanggal 15 Januari tahun 2024. Batas akhir pindah domisili yang ganti Kartu Tanda Penduduk () setelah tanggal 21 Juni 2023.

“Contoh, tanggal 20 Juni KTP-nya masih di Dapil 1 atau Palu Timur-Mantikulore. Katakanlah kemarin yang bersangkutan sudah ganti KTP-nya di Dapil 2, berarti pindah di wilayah Palu Utara-Tawaeli. Secara de jure, dia sudah orang Palu Utara-Tawaeli. Ini penting untuk pindah, karena dia akan memilih di Dapil 2,  karena dia sudah warga Dapil 2. Jangan seperti dulu lagi, nanti TPS sudah tutup baru ribut. Akhirnya terkesan bahwa KPU tidak melakukan sosialisasi. Mohon kita baku bantu,” ucapnya.

Kaitannya dengan silaturahmi ke Parpol, Idrus mengatakan, bahwa ide Kapolres itu sejalan dengan perintah KPU RI, agar KPU di daerah laksanakan prinsip imparsialitas. Membangun kedekatan yang sama kepada semua peserta Pemilu. Agar, peserta Pemilu mau bertanya atas hal-hal yang kurang dipahami berkaitan dengan aturan dan tahapan Pemilu.

“Tidak seperti dulu jauh, seakan-akan kami ini ekslusif. Kami diperintahkan untuk membangun kedekatan yang sama seperti kegiatan hari ini,” katanya.

Di penghujung, Idrus mengatakan,  Pemilu lebih dari 100 hari lagi dan KPU sudah siap dalam beberapa aspek. Logistik bilik suara sejumlah 4.288 saat ini sudah di Gudang permanen Kantor KPU Palu, setara kebutuhan TPS 1.072 yang dikalikan 4 bilik setiap TPS.

Kotak suara di Kota Palu  sudah lengkap di gudang GOR Siranindi sejumlah 5.380, setara kebutuhan 1072 TPS dikalikan 5 setiap TPS, ditambah 16 kebutuhan rekapitulasi di kecamatan dan 4 kotak sebagai cadangan.

“Proses lanjutnya adalah sortiran dan perakitan,” tandasnya. *WAN