RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Parigi Moutong (), Sunarti, SPd, MPd menerima literasi Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2023 yang digelar di Ubud Provinsi Bali, Rabu (18/10/2023) pekan lalu.

UWRF merupakan salah satu event internasional tahunan yang diselenggarkan oleh Yayasan Mudra Swari Saraswati yang dilaksanakan 18-22 Oktober 2023.  Event tersebut yang digelar sejak tahun 2003 yang digagas oleh Janet DeNeefe sebagai salah satu pendiri yayasan.

Tujuannnya adalah untuk mempromosikan Ubud sebagai pusat seni dan budaya yang menampilkan penulis Indonesia di panggung internasional dan membantu anak muda Indonesia untuk mencapai potensi mereka melalui program Pendidikan dan sastra.

Sunarti sebagai salah satu penerima penghargaan dinilai berhasil meningkatkan literasi pada bidang pendidikan di Kabupaten Parmout.

Penghargaan dalam bentuk piagam dan plakat tersebut diserahkan oleh Emily Yasmin Norris dari Cultural Affairs Officer of US Embassy Jakarta.

Sunarti yang menerima penghargaan dalam pidato singkatnya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan terima kasih kepada pihak penyelenggara yang memberikan penghargaan bergengsi tersebut kepadanya.

“Merupakan sebuah kehormatan dan penghargaan bagi saya berada di tengah-tengah orang-orang hebat. Dengan bangga saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2023 yang telah memberikan penghargaan literasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah,”ujarnya.

Sunarti menambahkan, penghargaan tersebut akan meningkatnya motivasinya dalam mengembangkan minat baca anak didik dan memotivasi guru di Kabupaten Parmout agar bisa menulis buku.

Selain Sunati yang juga menerima penghargaan serupa adalah Walikota Denpasar Bali, I.G.N Jaya Negara, SE, Bupati Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, H.A.S Chaidir Syam, SIP, MH dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Iqbal Nadjamuddin, SE. AJI