SULTENG RAYA-Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah () memiliki target ambisius untuk mengirimkan 25 judul proposal ke Program Penelitian BIMA 2023, yang dibuka pada bulan Desember 2023.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Ketua LPPM Unismuh Palu, Dr. Muliadi, SH., MH, telah memulai langkah strategis dengan gencar melaksanakan Coaching Clinik Proposal.
Dalam upayanya meningkatkan partisipasi dosen-dosen di kampus itu, Dr. Muliadi memfokuskan Coaching Clinik Proposal kepada mereka. Tujuannya adalah agar para dosen yang berminat untuk terlibat dalam kegiatan penelitian atau pengabdian masyarakat telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mengajukan proposal saat pintu seleksi Program Penelitian BIMA 2023 terbuka.
Melalui sesi coaching yang intensif, para dosen Unismuh Palu dibekali dengan pengetahuan mendalam tentang penyusunan proposal yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Program Penelitian BIMA. Dr. Muliadi menekankan pentingnya proposal yang solid dan relevan dalam mendukung pemilihan yang sukses di tingkat nasional.
Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah proposal yang berhasil lolos seleksi, sehingga Unismuh Palu dapat berkontribusi secara signifikan dalam Program Penelitian BIMA 2023. Keberhasilan ini tidak hanya akan memperkuat reputasi lembaga, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam peningkatan mutu dan kualitas penelitian serta pengabdian masyarakat di lingkungan kampus.


Sebagai upaya tambahan, LPPM Unismuh Palu juga membuka ruang diskusi dan kolaborasi antar-dosen, menciptakan lingkungan akademis yang mendukung pertukaran ide dan pengembangan konsep penelitian. Dengan demikian, diharapkan muncul inovasi dan kolaborasi yang dapat menghasilkan proposal-proposal berkualitas tinggi.
Pada tahap berikutnya, LPPM Unismuh Palu akan terus memonitor dan memberikan bimbingan kepada para peneliti dalam pengembangan proposal mereka.
Dukungan ini mencakup aspek metodologi penelitian, analisis data, dan penyusunan laporan hasil penelitian. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar setiap proposal memiliki dasar yang kuat dan mampu memberikan kontribusi nyata terhadap pengetahuan dan pembangunan masyarakat.
“Melalui persiapan matang dan dukungan penuh dari LPPM, kami berharap dapat menjadi bagian integral dalam mewujudkan penelitian yang bermutu dan berdampak positif bagi iklim akademis di Unismuh Palu,”sebut Dr Muliadi, Selasa (17/10/2023). ENG