SULTENG RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulteng berkolaborasi dengan Forikan Sulteng menyelenggarakan Pasar Maroso Gemarikan di halaman kantor , Jalan Undata, Kota , Selasa-Rabu (17-18/10/2023).
Acara melibatkan puluhan lokal olahan ikan itu, bertujuan mempromosikan produk-produk berkualitas hasil binaan pemerintah.

Selain itu, dengan memamerkan produk olahannya, pelaku usaha juga memiliki kesempatan bertemu konsumen langsung dan memperbesar segmentasi pasar produk.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Pengolahan, Pemasaran Hasil Perikanan (P2HP) DKP Sulteng, Mohammad Syafar, mengatakan, momentum itu dapat juga dijadikan kesempatan mensosialisasikan kepada masyarakat agar gemar makan ikan demi pemenuhan asupan nutrisi komplet bagi masyarakat.

Kata dia, kandungan nutrisi yang dimiliki pada ikan akan memberikan tingkat kecerdasan pada pengkonsumsi, gizi seimbang dan nutrisi yang sempurna pada tubuh. Secara tidak langsung, gerakan itu akan memberikan pengaruh terhadap misi rembuk yang selama ini di galakkan pemerintah.
Gemarikan, kata dia, juga merupakan agenda rutin yang dimiliki DKP Sulteng demi mengkampanyekan potensi sumber daya alam Sulteng dari sektor kelautan dan perikanan yang dinilai masih perlu dieksplorasi.

“Alhamdulillah, konsumsi ikan Sulteng 2022 63 persen per kapita per tahun, tahun ini, 67,6 per kapita per tahun. Regional Sulawesi kita ketiga di regional Sulawesi,” katanya.
Dalam giat tersebut, terdapat juga serangkaian agenda seperti demo masak, kompetisi masak ikan, penampilan-penampilan teater dari peserta didik taman kanak-kanan (TK) di Kota Palu.

“Kami akan mengevaluasi kegiatan ini dari segi , sehingga dapat menjadikan kegiatan reguler ini lebih berkembang kedepan, dan inovasi-inovasi lainnya yang bis akita tambahkan,” tutupnya. RHT